OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPS SD UNTUK PENINGKATAN KECERDASAN SPASIAL SISWA SD KELAS IV ( Studi Kasus di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar )

Penulis

  • Muklis Mustofa

Abstrak

Penelitian ini akan berfokus pada optimalisasi pembelajaran IPS SD pada pengembangan kecerdasan spasial. Tujuan Dan Manfaat Penelitian ini adalah Menjelaskan penerapan pembelajaran IPS Geograi untuk meningkatkan kecerdasan spasial siswa melalui peningkatan kemampuan guru dalam mempersiapkan pembelajaran khususnya pada pembelajaran kelas IV di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Kartasura Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu, Wawancara, Dokumentasi dan Observasi. Dalam studi ini, peneliti menggunakan trianggulasi data dan sumber yaitu peneliti menggunakan beberapa sumber dan data untuk mengumpulkan informasi. Analisa data yang digunakan peneliti yaitu teknik analisa data kualitatif.
Sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik sampel bertujuan atau purposive sampling. Dalam studi ini, peneliti menggunakan trianggulasi data dan sumber.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1. Ada perbedaan pengembangan kecerdasan spasial siswa yang diajarkan guru dengan menggunakan media pembelajaran proporsional 2. Pembelajaran IPS geografi menggunakan media pembelajaran yang tepat meningkatkan kecakapan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dalam pengembangan kecerdasan spasial.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-09-11

Terbitan

Bagian

Artikel