KONFLIK PEKERJAAN-KELUARGA DAN KONFLIK KELUARGA-PEKERJAAN SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA PASANGAN BERKARIR GANDA PADA PEGAWAI UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA

Penulis

  • Sutarno & Amin Wahyudi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk nenganalisis pandangan pasangan berkarir ganda yang bekerja di Universitas Slamet Riyadi Surakarta terhadap konflik pekerjaan-keluarga dan konflik keluarga–pekerjaan. Selain itu juga menganalisis hubungan antara konflik pekerjaan–keluarga dan konflik keluarga-pekerjaan dengan kinerja pasangan berkarir ganda yang bekerja di Universitas Slamet Riyadi Surakarta.
Hasil uji statistik deskriptif tentang konflik pekerjaan-.keluarga menunjukkan bahwa jumlah responden yang setuju dan tidak setuju bahwa tugas dan tanggung jawab pada pekerjaan menyebabkan perubahan rencana dalam melakukan aktivitas dengan keluarga besarnya adalah sama yaitu 45%. Terdapat 15% responden yang menyatakan bahwa pekerjaan di kantor membuat mereka kesulitan didalam memenuhi tanggung jawab keluarga.
Hasil uji statistik deskriptif terhadap perryataan responden tentang konflik .keluarga-pekerjaan menunjukkan bahwa sebanyak 30% responden setuju bahwa keluarga memiliki campur tangan dalam melaksanakan pekerjaan kantor.
Uji statistik Chi-square, terhadap hubungan antara konflik pekerjaan–keluarga dan konflik keluarga-pekerjaan dengan kinerja secara statistik menunjukkan keadaan yang tidak signifilan.
Kata kunci : konflik pekerjaan–keluarga, konflik keluarga-pekerjaan, kinerja

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-09-11

Terbitan

Bagian

Artikel