RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN SIKAP ILMIAH DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) memaparkan definisi pendidikan karakter dalam perspektif pembelajaran IPA di sekolah dasar, (2) memaparkan definisi sikap ilmiah dalam perspektif pembelajaran IPA di sekolah dasar, dan (3) mengulas tentang relevansi pendidikan karakter dengan sikap ilmiah dalam perspektif pembelajaran IPA di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian (penelitian) pustaka atau library research. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik Analisis yang digunakan adalah metode pengolahan data. Hasil penelitian ini adalah (1) pendidikan karakter dalam perspektif pembelajaran IPA, dapat terlihat dalam proses pembelajarannya yang mencerminkan hakikat IPA, (2) sikap Ilmiah dalam perspektif pembelajaran IPA, dapat terlihat dalam kaitannya dengan hakikat sains baik dalam menyampaikan materi, melaksanakan percobaan, dalam menilai hasil percobaan dan prestasi belajar peserta didik, dan (3) relevansi pendidikan karakter dengan sikap ilmiah terlihat dari banyaknya kesamaan komponen antara pendidikan karakter dengan sikap ilmiah.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Sikap Ilmiah, Pembelajaran IPA