ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI ( STUDI PADA KONSUMEN STEAK MOEN MOEN DI SURAKARTA)

Penulis

  • Erni Widajanti & Suprayitno

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah a. Untuk menganalisis signifikansi pengaruh harga terhadap minat beli konsumen pada konsumen steak Moen Moen di Surakarta., b. Untuk menganalisis signifikansi pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen pada konsumen steak Moen Moen di Surakarta., c. Untuk menganalisis signifikansi pengaruh kepuasan konsumen terhadap minat beli konsumen pada konsumen steak Moen Moen di Surakarta.. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen steak Moen Moen Surakarta. Sedangkan sampel dalam penelitian ini akan diambil sejumlah 50 orang dengan metode purposive random sampling.
Hasil analisis data menunjukkan semua instrumen penelitian valid, reliabel dan lolos uji asumsi klasik. Hasil Uji Regresi Linear Berganda diperoleh persamaan regresi Y = 0,078+ 0,276X1 + 0,162X2 + 0,420X3 + e. Hasil uji F model penelitian sesuai, Hasil uji t menunjukkan harga dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat beli, tetapi kualitas pelayan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hasil uji R2 diperoleh nilai adjusted R Square sebesar 36,6%, hal ini berarti besarnya sumbangan pengaruh variable harga, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen 36,6% sedangkan sisanya sebesar 63,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, misalnya tingkat pendapatan, promosi dan selera konsumen.
Kata Kunci: Harga, kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen dan Minat Beli.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-09-11

Terbitan

Bagian

Artikel