INOVASI MANAJEMEN PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN MARKETING MIX BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Kasus Joga Computer Surakarta)

Penulis

  • Yusuf Sutanto & Nani Irma Susanti

Abstrak

Joga Computer merupakan distributor aksesoris komputer yang lengkap yang menyediakan berbagai kebutuhan umum yang digunakan untuk mendukung kebutuhan pelanggan akan teknologi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keunggulan produk, harga, tempat dan promosi dalam manajemen pemasaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal menggunakan teknologi informasi dibandingkan dengan tanpa menggunakan teknologi informasi. Alur penelitian yang dilakukan adalah mengenali hal-hal yang berhubungan dengan peningkatan pemasaran yang berimbas pada kenaikan omset perusahaan. Kemudian menganalisa SWOT (Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) perusahaan untuk menghasilkan manajemen pemasaran yang lebih baik dari sebelumnya. Berdasarkan dari hasil penelitian didapatkan bahwa dengan penjualan online waktu tercepat yang dihabiskan calon pembeli hanya 75 menit, sedangkan di dalam pemasaran secara offline waktu yang dibutuhkan 165 menit. Sedangkan berdasarkanorientasi total biaya, manajemen pemasaran secara online mengeluarkan biaya sebesar 40.000 untuk biaya termurah, dan manajemen pemasaran secara offline biaya termurah yang dikeluarkan sebesar 78.000. Dari hasil penelitian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen pemasaran secara online lebih baik daripada pemasaran secara offline.
Kata Kunci : Manajemen pemasaran, inovasi teknologi pemasaran, Joga Computer

Unduhan

Diterbitkan

2017-02-13

Terbitan

Bagian

Artikel