PENGARUH CITRA PERGURUAN TINGGI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PERGURUAN TINGGI DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Surakarta)

Penulis

  • SL. Triyaningsih & Rahayu Triastity

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Citra Perguruan Tinggi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi dengan Word of mouth Sebagai Variabel Intervening (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Surakarta)”.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis signifikansi pengaruh citra perguruan tinggi terhadap word of mouth pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Surakarta. 2) Untuk menganalisis signifikansi pengaruh citra perguruan tinggi terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Surakarta. 3) Untuk menganalisis signifikansi pengaruh word of mouth terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Surakarta. 4) Untuk menganalisis signifikansi pengaruh citra perguruan tinggi terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi yang dimediasi oleh word of mouth pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode survei yang dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Surakarta tahun angkatan 2015 yang berjumlah 329, sedangkan sampel dalam penelitian ini akan diambil sejumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan confinience random sampling. Metodologi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) uji instrumen penelitian meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, 2) uji asumsi klasik (uji autokorelasi, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas), 3) analisis jalur.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan citra perguruan tinggi terhadap word of mouth. Ada pengaruh yang signifikan citra perguruan tinggi terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Surakarta. Ada pengaruh yang signifikan word of mouth terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Surakarta. Temuan lain dari hasil analisis menunjukkan bahwa word of mouth memediasi pengaruh citra perguruan tinggi terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Surakarta.
Kata kunci: citra perguruan tinggi, word of mouth, keputusan mahasiswa.

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2017-02-13

Terbitan

Bagian

Artikel