MODEL PEMELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Penulis

  • Wartoyo & Yusuf

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang efektif untuk
pendidikan karakter di sekolah dasar kelas rendah berdasarkan kurikulum 2013. Model
pembelajaran ini diharapkan mampu membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran
pendidikan karakter di sekolah dasar terutama pada kelas rendah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif analitik berbasis
pemecahan masalah penelitian pengembangan atau dikenal dengan Research and Development
(R&D). Penelitian pengembangan ini dilakukan dua tahap. Tahap pertama mengungkap dan
menganalisis model pembelajaran pendidikan karakter yang selama ini dilaksanakan di
sekolah dasar khususnya pada kelas rendah di Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta, dan
selanjutnya dirancang draft desain model pembelajaran pendidikan karakter yang efektif
khususnya untuk sekolah dasar kelas rendah. Desain model pembelajaran ini dirancang dengan
berkonsultasi pada dua ahli yaitu ahli pendidikan karakter dan ahli kurikulum. Selanjutnya
pada tahun kedua sebelum digunakan, desain model pembelajaran ini diujicobakan terlebih
dahulu. Kemudian dilakukan analisis untuk melihat kelemahan yang ada, baru kemudian
disosialisasikan.
Kata Kunci: model pembelajaran, pendidikan karakter, sekolah dasar kelas rendah

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2016-09-22

Terbitan

Bagian

Artikel