PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MEMPELAJARI CERITA RAKYAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 5 SDN 7 KURIPAN PURWODADI PADA TAHUN AKADEMIK 2015-2016

Penulis

  • Sri Bintari

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peranan mata pelajaran Bahasa Indonesia
bagi para siswa peserta didik di sekolah khususnya tingkat SD. Peneliti yang juga merupakan
guru SD melakukan PTK ini pada siswa didiknya sendiri yaitu seluruh siswa kelas 5 SDN 7
Kuripan Purwodadi pada tahun akademik 2015-2016. Salah satu rumusan masalah seperti
yang disampaikan pada artikel ini adalah “Sejauhmana penggunaan media video animasi
dalam memperbaiki keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran bahasa Indonesia dengan
materi cerita rakyat pada siswa kelas 5 SDN 7 Kuripan Purwodadi pada tahun akademik
2015-2016?”. Peneliti mengeksplorasi penggunaan video animasi untuk memperbaiki kondisi
belajar dengan materi cerita rakyat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Penelitian
dilakukan dalam 2 siklus.Pada kedua siklus, pengajaran cerita rakyat dilakukan dengan
menggunakan video animasi dengan durasi 4 sampai 9 menit.Inti temuan dan analisa bahwa
penggunaan media video animasi sangat efektif dalam memperbaiki keaktifan siswa dalam
mengikuti pelajaran dengan materi cerita rakyat pada pelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci:Video Animasi, Keaktifan Siswa, Cerita Rakyat

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2016-09-22

Terbitan

Bagian

Artikel