Citra Kawasan Ngarsopuro dalam Memperkuat Distribusi dan Komersialisasi Produk Kreatif Kota Solo terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Produk Kreatif pada Night Market Ngarsopuro

Penulis

  • Retno Susanti & Suprihatmi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Citra Kawasan Ngarsopuro dalam
Memperkuat pengaruh Distribusi dan Komerisialisasi Produk Kreatif Kota Solo terhadap
Peningkatan Pendapatan Pedagang Produk Kreatif pada Night Market Ngarsopuro.
Survey dilakukan terhadap 100 pedagang Night Market Ngarsopuro Solo. Uji validitas
dan reliablitas kuesioner menunjukkan bahwa semua item pertanyaan dari semua variabel adalah
valid dan reliable. Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa semua variabel lolos baik uji
multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas. Hasil analisis uji t
dari pengaruh variabel Distribusi Produk Kreatif (X1) terhadap Peningkatan Pendapatan
Pedagang (Y) menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, H0 ditolak, maka hipotesis
yang menyatakan bahwa variabel Distribusi Produk Kreatif (X1) berpengaruh signifikan
terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang (Y) terbukti kebenarannya, nilai signifikansi
pengaruh variabel Komersialisasi Produk Kreatif (X2) terhadap Peningkatan Pendapatan
Pedagang (Y) sebesar 0,000 < 0,05, H0 ditolak, maka hipotesis yang menyatakan bahwa variabel
Komersialisasi Produk Kreatif (X2) berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Pendapatan
Pedagang (Y) terbukti kebenarannya. Nilai signifikansi pengaruh variabel Citra Kawasan
Ngarsopuro (X3) terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang (Y) sebesar 0,000 < 0,05, H0
ditolak, berarti hipotesis yang menyatakan bahwa variabel Citra Kawasan Ngarsopuro (X3)
berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang (Y) terbukti kebenarannya.
Nilai signifikansi pengaruh variabel Distribusi Produk Kreatif (X1) terhadap Peningkatan
Pendapatan Pedagang (Y) yang dimoderasi variabel Citra Kawasan Ngarsopuro (X3) sebesar
0,428 > 0,05, maka H0 diterima, berarti hipotesis yang menyatakan bahwa variabel Citra
Kawasan Ngarsopuro (X3) memoderasi pengaruh variabel Distribusi Produk Kreatif (X2)
terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang (Y) tidak terbukti kebenarannya. Nilai signifikansi
pengaruh variabel Komersialisasi Produk Kreatif (X2) terhadap Peningkatan Pendapatan
Pedagang (Y) yang dimoderasi variabel Citra Kawasan Ngarsopuro (X3) sebesar 0,005 < 0,05,
maka H0 ditolak, berarti hipotesis yang menyatakan bahwa variabel Citra Kawasan Ngarsopuro
(X3) memoderasi pengaruh variabel Komersialisasi Produk Kreatif (X2) terhadap Peningkatan
Pendapatan Pedagang (Y) terbukti kebenarannya. Adjusted R², sesudah memasukan variabel
moderasi, sebesar 0,858 lebih besar dari Adjusted R² sebelum memasukkan variabel moderasi
yaitu sebesar 0,673 maka terbukti bahwa Citra Kawasan Ngarsopuro memperkuat pengaruh
Variabel Komersialisasi Produk Kreatif terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Night
Market Ngarsopuro Solo. Dari Uji F, diperoleh nilai F sebesar 200,324 dengan nilai signifikansi
0,000 < 0,05, maka model ini tepat untuk memprediksi pengaruh Variabel Distribusi dan
Komersialisasi Produk Kreatif terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Night Market Ngarsopuro yang dimoderasi oleh Citra Kawasan Ngarsopuro. Koefisien Determinasi diperoleh
dari nilai Adjusted R² sebesar 0,858 atau 85,8%, artinya bahwa sumbangan pengaruh Variabel
Distribusi dan Komersialisasi Produk Kreatif terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Night
Market Ngarsopuro yang dimoderasi oleh Citra Kawasan Ngarsopuro sebesar 85,8% sedang
sisanya 14,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci : Kawasan Ngarsopuro, Distribusi Produk Kreatif, Komersialisasi Produk Kreatif,
Citra Kawasan Ngarsopuro

 

 

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2016-09-22

Terbitan

Bagian

Artikel