Pemanfaatan Permainan Tradisional sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini untuk Mengembangkan Aspek Moral dan Bahasa Anak

Penulis

  • Irfan Haris & Dwi Hastuti

Abstrak

Penelitian ”Pemanfaatan Permainan Tradisional sebagai Media Pembelajaran
Anak Usia Dini untuk Mengembangkan Aspek Moral dan Bahasa Anak” memiliki
tujuan mengetahui jenis permainan tradisional yang dapat dikembangkan sebagai
media pembelajaran, dan mengetahui pemanfaatan permainan tradisional efektif
digunakan sebagai media pembelajaran dapat mengembangkan aspek moral dan
bahasa anak usia dini.
Luaran penelitian ini akan disajikan dalam tiga bentuk yaitu: Artikel ilmiah
untuk dipublikasikan sehingga dapat menjadi pengayaan dalam ilmu
pendidikan khususnya Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, perangkat pembelajaran
berupa RPPH dan Produk lagu permainan tradisional 3 bahasa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Develoment
karena peneliti ingin mengembangkan permainan tradisional sebagai media
pembelajaran yaitu permainan jamuran dan sluku-sluku bathok untuk
mengembangkan moral dan bahasa (Bahasa arab, bahasa inggris, bahasa jawa dan
bahasa Indonesia) anak usia dini. Pengembangan perangkat pembelajaran yang
disusun dalam penelitian ini mengacu pada jenis pengembangan model 4-D (four
D model), yang terdiri dari 4 tahap. Keempat tahap tersebut adalah tahap
pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan
(development), dan tahap penyebaran (disseminate).
Hasil penelitian ini adalah Permainan tradisional jamuran dan sluku-sluku bathok
sebagai media pembelajaran efektif dapat mengembangkan aspek moral dan
bahasa anak usia dini dengan prosentase 80% peserta didik yang tuntas belajar.
Kata Kunci: Permainan Tradisional, Media Pembelajaran, Anak Usia Dini.

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2016-09-22

Terbitan

Bagian

Artikel