PROPAGANDA NIIS MELALUI MEDIA SOSIAL DAN PERSEPSI MAHASISWA ISLAM SURAKARTA

Penulis

  • Buddy Riyanto

Abstrak

Penelitian kualitatif dengan judul “Propaganda NIIS Melalui Media Sosial dan Persepsi
Mahasiswa Islam Surakarta” dilatar belakangi kenyataan bahwa gencarnya perlawanan media
massa global ternyata tidak menyurutkan gelombang sukarelawan NIIS datang dari berbagai
penjuru dunia, namun justru semakin meningkat. Hal ini diduga karena gencarnya
propaganda NIIS yang disebarluaskan melalui media sosial yang langsung diterima
kelompok-kelompok sasaran. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam
kepada narasumber, kemudian dianalisis secara interaktif hingga menghasilkan simpulan
yang memadai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Mahasiswa menggunakan media
sosial untuk menambah pemahamannya tentang NIIS dengan berbagai kegiatannya. (2) Bagi
mahasiswa islam Surakarta, popaganda NIIS yang disebarluaskan melalui media sosial tidak
efektif karena bertentangan dengan norma-norma islam yang diyakininya.
Kata kunci: NIIS, propaganda, media sosial

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2016-09-22

Terbitan

Bagian

Artikel