PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS KARAKTER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGUATAN CIVIC RESPONSIBILITY DI UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA

Penulis

  • Anita Trisiana

Abstrak

Tujuan jangka panjang yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: ditemukan sebuah alternatif pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter Dan Implikasinya Terhadap Penguatan Civic Responsibility Di Universitas Slamet Riyadi Surakarta dan artikel ilmiah berskala lokal maupun nasional. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pengembangan model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (citizenship education) di perguruan tinggi sebagai kelompok Mata kuliah Pengembang Kepribadian (MPK) melaui project citizen dapat mengemban misi fungsi dan tujuan pendidikan nasional tersebut. Melalui pengasuhan Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi yang substansi kajian dan materi instruksionalnya menunjang dan relevan dengan pembangunan karakter bangsa yang menunjang masyarakat demokratik berkeadaban, sehingga mahasiswa akan tumbuh menjadi ilmuwan atau professional yang merupakan bagian dari peningkatan civic responsibility.Kata Kunci: Model Pembelajaran, Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, Civic Responsibilty.

Unduhan

Diterbitkan

2016-01-29

Terbitan

Bagian

Artikel