STRATEGI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI TEMBANG DOLANAN JAWA SEBAGAI PENGUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR BUMI 2 NO 205 LAWEYAN DI SURAKARTA

Penulis

  • Siti Supeni

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menemukan strategi pengembangan model pembelajaran melalui tembang dolanan Jawa sebagai penguatan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa Sekolah Dasar (SD) di Surakarta, mengetahui dan mendeskripsikan makna yang terkandung dalam liriknya. Metoda penelitian dengan Pengembangan/R&D,melalui observasi, FGD, wawancara, dokumentasi, secara purposive sampling. Model analisis interaktif (Miles & Huberman, 1992), membuat reduksi data dan sajian data secara terus menerus sampai tersusun suatu kesimpulan; Tembang dolanan Jawa yang diterapkan pada SD akan memperkuat budaya Jawa, membentuk kepribadian siswa mendapatkan nilai kisaran 62-70, rata-rata 30% sampai 40% berarti para guru dalam memahami tembang dolanan Jawa rata-rata sedang-sedang saja, pemahaman dengan sentuhan seni mendidik sambil bermain, 40% guru menstimulasi ketrampilan motorik anak melalui strategi pembelajaran karawitan setiap hari Kamis siang setelah selesai jam pelajaran, menari dan menyanyikan tembang-tembang dolanan Jawa, 20-30% dalam melakukan pemanfaatan media gamelan untuk meningkatkan motorik anak, peningkatan kepercayaan diri melalui metode bermain peran dalam tembang dolanan Jawa, 10% melalui pemanfaatan media lingkungan alam. Saran, agar tembang dolanan Jawa sebagai penguatan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa (SD) bisa optimal, perlu dimasukkannya dalam kurikulum muatan lokal dan wajib bagi semua guru dan siswa untuk lebih meningkatkan kegiatannya
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Tembang Dolanan Jawa, SD.

Unduhan

Diterbitkan

2015-09-22

Terbitan

Bagian

Artikel