PENGARUH RETAIL MIX TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PELANGGAN HOTEL BINTANG DUA” DI KECAMATAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO

Penulis

  • Y. Djoko Suseno Sutarno

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh Retail Mix terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh siginifikansi retail mix terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh signifikansi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan , pengaruh signifikansi kepuasan pelanggan terhadap retail mix terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh signifikansi kepuasan pelanggan memediasi pengaruh retail mix terhadap loyalitas pelanggan. Obyek penelitian adalah konsumen/pelanggan hotel bintang dua hotel bintang dua di Kartasura Adapun waktu pelaksanaan penelitian bulan Nopember 2014 Jumlah sampel Hotel di Kartasura adalah 100 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik convenien sampling, adapun kreteria sampel adalah pelanggan minimal telah 2 kali melakukan pengguna Hotel. Teknik pengumpulan sampel menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Sebelum pengumpulan data ,instrument akan diuji dengan uji validitas dan uji Reliabilitas dan uji asumsi Klasik. Analisis data dilakukan dengan uji pengaruh langsung, pengaruh tidak langsung . Hasil uji hipoetsis diperoleh kesimpulan : 1) Retail mix berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan karena p value sebesar 0,005 < 0,05 2) retail mix berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan karena p value sebesra 0,000 <0.05 3) Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan karena p value sebesar 0,000 < 0,05 ; (P1 xP3) pengaruh tidak langsung sebesar 0,319 sedangkan pengaruh langsung (p2) sebesar 0,254 . 4) maka kepuasan pelanggan memediasi pengaruh Retail mix terhadap loyalitas pelangan Hotel bintang Dua kartasura diterima terbukti kebenarannya.
Kata kunci : retail mix, loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan, loyaitas pelanggan.

##submission.downloads##

PlumX Metrics

Diterbitkan

2015-09-22

Terbitan

Bagian

Artikel