EFEKTIFITAS E LEARNING UNTUK MENGOREKSI JAWABAN SISWA PADA SOAL-SOAL MATEMATIKA

Authors

  • Daryono Daryono

DOI:

https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v16i1.5426

Abstract

Exercise questions for students aim to determine the understanding level of the material to the student. Students are said understand if they can solve problems with the correct process and answers. Limited time and the number of students sometimes make the teacher unable to correct the answers from their students. Teachers only focus on explaining the material so that assistance is needed to be able to assist teachers in correcting student answers quickly and accurately. Therefore, the authors conducted a study entitled the effectiveness of e learning to assist teachers in correcting student answers to math problems.The purpose of this study is to help teachers in correcting the correctness of student answers quickly, of course with the correct process. The expected outcome target is that teachers are able to use the SinauCBT E Learning application so that it can help speed up correcting student answers to math problems.The application of SinauCBT has a positive and significant effect on students at SMPN 12 Surakarta 2020/2021 with a low correlation value of 0.395. The results of the F test in the third equation show that the F significance value is 0.003 <0.05. So that it can be concluded together will form a linear or significant equation model. Keywords: E-Learning, Mathemathics. ABSTRAK Latihan soal bagi para siswa bermaksud untuk mengetahui tingkat pemahaman seorang siswa terhadap materi yang diberikan. Siswa dapat dikatakan paham apabila mampu menyelesaikan soal melalui proses dan jawaban yang benar. Waktu yang terbatas serta banyaknya jumlah siswa terkadang membuat pengajar tidak sempat mengoreksi kebenaran jawaban dari para siswanya. Umumnya, para pengajar hanya berfokus pada penjelasan materi sehingga memerlukan bantuan dalam mengoreksi jawaban para siswa secara cepat dan akurat. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan judul efektifitas e-learning untuk mengoreksi jawaban siswa pada soal-soal matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu para pengajar dalam mengoreksi kebenaran jawaban siswa dengan cepat dan dengan proses yang benar. Target luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah para pengajar mampu untuk menggunakan Aplikasi E-Learning Sinau CBT sehingga dapat membantu mempercepat pengoreksian jawaban pada soal matematika. Aplikasi Sinau CBT berpengaruh positif dan signifikan terhadap siswa di SMPN 12 Surakarta 2020/2021 dengan nilai korelasi rendah sebesar 0,395. Dari hasil uji F pada persamaan ketiga dapat diketahui besarnya nilai signifikansi F sebesar 0,003 < 0,05. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan secara bersama-sama dapat membentuk model persamaan linier atau signifikan. Kata Kunci : E-Learning, Matematika.

References

Data UNBK Tahun 2015, kemendikbud.go.id

Kartika Mariskhana. 2018. pengaruh tryout dan ujian nasional berbasis komputer terhadap sikap mental siswa pada mts al-makmur parungpanjang. Jakarta: Jurnal AKRAB JUARA. Volume 3 Nomor 4 Edisi November 2018 (222-234).

Rio Wirawan,. 2018. ibm siswa yang menghadapi ujian nasional berbasis komputer (unbk). Jakarta: Jurnal Mediteg p-ISSN: 2548-7655 Volume 3, Nomor 1.

Yohanes Adio Balan, T.M. 2018. “Pengembangan Model Computer Based Test (CBT) Berbasis Adobe Flash untuk Sekolah Menengah Kejuruan”. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. 1(1):36-44.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-03-18