EFEKTIFITAS PENGGUNAAN APE KETNI SERU (BASKET MINI SERBAGUNA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG BENDA 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AL ISLAM 3 GEBANG SURAKARTA TAHUN 2019/2020

Authors

  • Fitri Apqorinur ‘Aeni
  • Lydia Ersta Kusumaningtyas
  • Paulus Widjanarko

DOI:

https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v15i1.3837

Abstract

The purpose of this study was to study the ability to improve objects 1-10 children aged 4-5 years through the KETNI SERU Educational Tool (BASKET MINI SERBAGUNA) in the 2019/2020 school year. This research was conducted at RA Al Islam 3 Gebang Surakarta. The subjects of this study were A2 class students studying 24 students. This research is a qualitative study using data collection techniques, data validity, and technical data analysis. Data collection techniques used are, observation, interview and documentation. This Observation Method is used to obtain a picture that discusses the Improvement of Cognitive Ability of Children 4-5 Years Old Through APE KETNI SERU in RA Al Islam. When doing observations, do some things that are not found by researchers. Therefore, researchers use interview techniques to complete the information to be obtained. While documentation techniques, this method is used to obtain data related to activities that support the use of APE KETNI SERU in increasing numbers of objects 1-10 children. While the data collected using photographs of school activities, RPPH, and documents about the results of children's evaluations. The use of APE in RA Al Islam 3 Gebang can be seen by children who become more happy and happy to learn to spell things by using APE KETNI SERU. Children can learn while moving. Not just sitting quietly listening to the teacher explain the learning. Children don't get bored, sometimes even wanting to argue. APE KETNI SERU provides new learning experiences for children. Learning fun. APE KETNI SERU (BASKET MINI SERBAGUNA) is effective to improve the ability to say 1-10 objects in children aged 4-5 years.

Keywords: APE Ketni Exciting, Counting objects, Early Childhood

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan kemampuan  membilang benda 1-10 anak usia 4-5 tahun melalui Alat Permainan Edukatif  KETNI SERU (BASKET MINI SERBAGUNA) pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di RA Al Islam 3 Gebang Surakarta. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas A2 berjumlah 24 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data, validitas data dan teknis analisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi ini digunakan untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh tentang Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Melalui APE KETNI SERU di RA Al Islam. Pada saat melakukan observasi, tentunya ada beberapa hal yang tidak ditemukan oleh peneliti. Oleh karena itu peneliti menggunakan teknik wawancara untuk melengkapi informasi yang ingin didapatkan. Sedangkan teknik dokumentasi, metode ini digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan berbagai kegiatan yang mendukung penggunaan APE KETNI SERU dalam meningkatkan membilang benda 1-10 anak. Sedangkan data yang akan dikumpulkan dengan metode dokumentasi meliputi foto-foto kegiatan sekolah, RPPH,  dan dokumen tentang hasil evaluasi anak. Penggunaan APE di RA Al Islam 3 Gebang ini dapat dilihat bahwa anak menjadi lebih antusias dan senang belajar membilang benda dengan menggunakan APE KETNI SERU. Anak bisa belajar sambil bergerak. Tidak hanya duduk diam saja mendengarkan guru menjelaskan pembelajaran. Anak menjadi tidak bosan, bahkan berebut ingin mencobanya. APE KETNI SERU memberikan pengalaman belajar yang baru bagi anak. Pembelajaran yang menyenangkan tentunya. APE KETNI SERU (BASKET MINI SERBAGUNA) efektif untuk meningkatkan kemampuan membilang benda 1-10 pada anak usia 4-5 tahun.

Kata Kunci     : APE Ketni Seru, Membilang benda, Anak Usia Dini

 

References

Aisyah, Siti. 2014. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka

Andi, Prastowo. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Anisatul Khoiriyyah. 2018. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Penggunaan Kartu Angka pada anak TK Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2 (7). (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/download/10717/10271) diakses 6 Januari 2020

Bungin, Burhan. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo: Persada.

Djam’an Satoni & Aan Komariah. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Fikriyati, Mirroh. 2013. Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age). Yogyakarta: Laras Media Prima

Imam, Gunawan. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ismail, Andang. 2009. Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media

Johni Dimyati. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

J. Moelong Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Laila, Khoiris. 2009. Makalah APE. (http:/lailakhoiris.wordpress.com/makalah-ape/, diaskses pada 2 Nopember 2019)

Linda Yulianti, dkk. Peningkatan Pengenalan Konsep Bilangan Melalui Permainan Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Siratul Jannah.2014. Jurnal Pendidikan Guru PAUD S-1 3(8) (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6084/6960) diakses 6 Januari 2020

Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Masitoh. 2012. Strategi Pembelajaran TK. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendiknas

Miles dan Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis. Terjemahan oleh Tjetjep Rohmadi. Jakarta: Universitas Indonesia Press

Mujib Fathul dan Nailur Rahmawati, 2013. Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press.

Mulyasa, 2014. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja RosdaKarya

Nasution, S. 1984. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bima Aksara

Novan Ardy Wiyana, dkk. 2014. Format PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurani S, Yuliani. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Patmonodewo, Soemarti. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Rolina, Nolvan. 2012. Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Subagyo, Joko. 2015. Metodologi Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunaryo K, Wowo. 2013. Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Prasekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar- Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing

Syamsuardi. 2012. Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) di Taman Kanakkanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Barat Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan, (Online), (diakses 02 Nopember 2019).

Wiyani, Novan dan Barnawi. 2014. Format PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Zaman, Badru. 2014. Media dan Sumber Belajar PAUD. Banten: Universitas Terbuka.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-02-22