PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN INFORMASI TERHADAP PENURUNAN KEBIASAAN BERMAIN GAME

Authors

  • Muhammad Bogy Kurnia Ade Utama
  • Lydia Ersta Kusumaningtyas

DOI:

https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v12i2.3463

Abstract

ABSTRACT

The aim of this researcher is to find out whether there is an influence of information guidance services on the decline in game playing habits in class X students at SMA N 6 Surakarta 2017/2018 Academic Year. The population in this study were all students of class X in SMA N 6 Surakarta in the Academic Year 2017/2018, amounting to 361 students. while the sample used was 33 students, the data collection technique used a questionnaire to decrease the habit of playing games in class X students at SMA N 6 Surakarta to students through two stages, namely before and after being given information guidance then to analyze the data using the t-test formula. Based on the results of data analysis about the effect of information guidance services on decreasing game playing habits in class X students at SMA N 6 Surakarta in the Academic Year of 2017/2018, it was obtained that the t value was = 7.224, then consulted with t table with db = (N-1) = (33-1) = 32 in the significance level of 5% and 1%. So it can be concluded that t count is greater than t table or 2.037 <7.224> 2.738. Thus the hypothesis that reads "There is an influence of information guidance services on decreasing game playing habits in class X students at SMA Negeri 6 Surakarta in the Academic Year of 2017/2018" is proven to be true at the significance level of 5% and 1%.

 

Keywords: Information Guidance Services, Playing Games

 

ABSTRAK

Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan informasi terhadap penurunan kebiasaan bermain game pada siswa kelas X di SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 361 siswa. sedangkan sempel yang digunakan adalah 33 siswa, teknik pengumpulan datanya menggunakan angket penurunan kebiasaan bermain game pada siswa kelas X di SMA N 6 Surakarta kepada siswa melalui dua tahap, yaitu sebelum dan sesudah diberikan bimbingan informasi maka untuk menganalisis data menggunakan rumus t-tes. Berdasarkan hasil analisis data tentang pengaruh layanan bimbingan informasi terhadap penurunan kebiasaan bermain game pada siswa kelas X di SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 diperoleh nilai t hitung sebesar = 7,224, kemudian dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = (33-1) = 32 dalam taraf signifikansi 5% dan 1%. Jadi dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,037 < 7,224 > 2.738. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi  “Ada pengaruh layanan bimbingan informasi terhadap penurunan kebiasaan bermain game pada siswa kelas X di SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018” terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 5% dan 1%.

.

Kata kunci : Layanan Bimbingan Informasi, Bermain Game

References

Fadjeri. 2010. Statistik. Surakarta : FKIP Unisri Surakarta.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang : Program Pendidikan Profesi Konselor FIP – UNP.

Samsudi. 2009. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang : UNNES Press.

Samuel Henry. 2010. Cerdas Dengan Game. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta..

Downloads

PlumX Metrics

Published

2017-08-03