PENGEMBANGAN MODUL COUNSELING SKILL BERBASIS TUGAS PERKEMBANGAN DAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DEWAN PEMBINA DI BALAI REHABILITASI SOSIAL ANAK JALANAN “KARTINI” TAWANGMANGU

Authors

  • Eko Adi Putro

DOI:

https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v13i1.3020

Abstract

Abstract

This study aims to: (1) develop development and multimedia task counseling skills modules to improve the performance of the advisory board in the street children social rehabilitation center "Kartini" Tawangmangu; (2) testing the effectiveness of development and multimedia task-based counseling skills modules in improving the performance of the board of advisers in the street rehabilitation center for social children "Kartini" Tawangmangu. Kartini "Tawangmangu has not yet understood the concept of basic counseling skills both in theory and application; mentoring services provided have not been based on an analysis of the tasks of developing foster children; multimedia has not been used as a tool in providing services. This study has a period of 1 year (12 months). The implementation plan is: (1) preparation of the preparation of a hypothetical module; (2) the arrangement of a hypothetical module; (3) expert validation and practitioner validation; (4) hypothetical module revisions; (5) field testing; (6) the final results of the module on development and multimedia task-based counseling skills in improving the performance of the advisory board in the street children social rehabilitation center. The main outputs generated from this research are development and multimedia task-based counseling skills modules that can effectively improve the performance of the advisory board in the street children social rehabilitation center "Kartini" Tawangmangu. This module is flexible and comprehensive to be applied in the street children social rehabilitation center. Flexible means that this module can be applied in all street children social rehabilitation centers in Indonesia. Comprehensive means that the development of this module is based on the results of preliminary field studies and relevant theoretical studies and validated by experts and practitioners.

Keywords: Development counseling and multimedia counseling skills, Performance of the advisory board street children social rehabilitation center

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menyusun modul counseling skill berbasis tugas perkembangan dan multimedia untuk meningkatkan kinerja dewan pembina di balai rehabilitasi sosial anak jalanan “Kartini” Tawangmangu; (2) melakukan uji efektivitas modul counseling skill berbasis tugas perkembangan dan multimedia dalam meningkatkan kinerja dewan pembina di balai rehabilitasi sosial anak jalanan “Kartini” Tawangmangu Penelitian ini beranjak pada hasil studi pendahuluan yang menunjukan bahwa: semua dewan pembina di balai rehabilitasi sosial anak jalanan “Kartini” Tawangmangu belum memahami konsep keterampilan dasar konseling baik secara terori maupun aplikasi; layanan pendampingan yang diberikan belum didasarkan pada analisis tugas perkembangan anak asuh; belum dimanfaatkannya multimedia sebagai alat bantu dalam memberikan layanan. Penelitian ini berjangka waktu 1 tahun (12 bulan). Adapun rencana pelaksanaannya adalah: (1) persiapan penyusunan modul hipotetik; (2) tersusunnya modul hipotetik; (3) validasi ahli dan validasi praktisi; (4) revisi modul hipotetiki; (5) uji lapangan; (6) hasil akhir modul counseling skill berbasis tugas perkembangan dan multimedia dalam meningkatkan kinerja dewan pembina di balai rehabilitasi sosial anak jalanan. Luaran utama yang dihasilkan dari penelitian ini adalah modul counseling skill berbasis tugas perkembangan dan multimedia yang secara efektif dapat meningkatkan kinerja dewan pembina di balai rehabilitasi sosial anak jalanan “Kartini” Tawangmangu. Modul ini bersifat fleksibel dan komprehensif untuk diaplikasikan di balai rehabilitasi sosial anak jalanan. Bersifat fleksibel artinya bahwa modul ini bisa diterapkan di semua balai rehabilitasi sosial anak jalanan di Indonesia. Bersifat komprehensif artinya bahwa pengembangan modul ini didasarkan pada hasil studi pendahuluan lapangan dan kajian teori yang relevan serta sudah divalidasi ahli dan praktisi.

Kata kunci: Counseling skill berbasis tugas perkembangan dan multimedia, Kinerja dewan pembina balai rehabilitasi sosial anak jalanan

References

Ali, M. dan Asrori, M. 2012. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Corey, G. 2012. Theory and Practice of Group Counseling (Eighth Edition). Brooks/Cole Publishing Company: USA.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hofstetter. 2014. Interrelationships Between Multimedia and Academic Achievement. Journal of Computer Technology Research, 2014, Vol. 18Nos. 1 & 2, 63–94. (diunduh Maret 2016).

Lesmana, J. M. Dasar-dasar Konseling. Jakarta: UI-Press.

Lubis, N. L. Memahami Dasar-dasar Konseling Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prenada Media Group.

Mayer, R. E. 2009. Multimedia Learning (Second Edition). United States of America by Cambridge University Press, New York..

Nursalim, M. 2013. Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

Nurwangid, M. 2011. Pengembangan Modul Bimbingan Pribadi-Sosial bagi Guru Bimbingan Konseling di DIY Berbasis Peran Keluarga dan Sekolah untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bimbingan dan Konseling Volume 24, Nomor 02, September 2011, ISSN 14108119. Malang: Prodi BK FIP Universitas Negeri Malang.

Pidarta, M. 2009. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Santrock, J. W. 2012. Life Span Development. Americas, New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Saud, U. S. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Willis, S. 2010. Konseling Indiviudal Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, S. 2009. Perkembangan Pesrta Didik. Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2018-02-04