UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SDN TASIKAGUNG DALAM MENYELENGGARAKAN PEMBELAJARAN YANG MENDIDIK MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK KUNJUNGAN KELAS PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Kusmiyatun Kusmiyatun SDN Tasikagung, Kec. Rembang, Kab. Rembang

DOI:

https://doi.org/10.33061/ww.v13i2.2253

Abstract

Abstract

The purposes of this research are describing academic supervision with class visiting technique to the teachers on the Elementary School of Tasikagung in implementation educative learning on the first semester of 2017/2018 year academic and analyzing academic supervision with class visiting technique on the first semester of 2017/2018 year academic to the teachers on the Elementary School of Tasikagung pedagogic competency in implementation educative learning. The type of this research is School Action Research (SAR). This research is taken place on Elementary School of Tasikagung, Sub District of Rembang, Regency of Rembang. The subjects of this research are the teachers of the class and the subject matters ones on the Elementary School of Tasikagung on the first semester of 2017/2018 year academic. The subjects of this research are consists of 9 civil officer teachers and 4 non regular teachers. Technique of collecting data of this research is non test technique, consist of observation and documentation. The instruments of collecting data of this research are the sheets of observation and the camera application on the hand phone. Technique of analyzing data of this research is comparative description. The procedure of this research is cycle model that consist of 4 steps that are plan, action, observation and reflection. The results of this research are 1) academic supervision with class visiting technique is a direct observation with ideal position on observing the learning, 2) academic supervision with class visiting technique is a direct observation with out interview and intervention to the teachers who implement the learning, 3) academic supervision with class visiting techniques are an individual by the head master according to the class visiting schedule and a group with the interested teachers as reference to implement the educative learning, 4) academic supervision with class visiting technique increases the teachers pedagogic competency in implementation educative learning.

Keywords: Pedagogic Competency, Teachers, Learning, Academic Supervision, Class Visiting.

 

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan supervisi akademik teknik kunjungan kelas pada guru SDN Tasikagung dalam menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik pada Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 dan menganalisis supervisi akademik teknik kunjungan kelas pada Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 terhadap kompetensi pedagogik guru SDN Tasikagung dalam menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian ini dilakukan di SDN Tasikagung, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. Penelitian ini berlangsung pada awal Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini adalah Guru Kelas dan Guru Mata Pelajaran SDN Tasikagung pada Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 9 orang guru dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 4 orang guru dengan atatus Guru Tidak Tetap (GTT). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik nontes, meliputi pengamatan dan dokumentasi kegiatan penelitian. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dan aplikasi kamera pada hand phone. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Prosedur penelitian ini adalah Model Siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah 1) Supervisi akademik teknik kunjungan kelas dilakukan dengan mengamati kegiatan pembelajaran secara langsung pada posisi yang ideal untuk melakukan pengamatan, 2) Supervisi akademik teknik kunjungan kelas dilakukan dengan mengamati kegiatan pembelajaran secara langsung tanpa wawancara maupun intervensi terhadap guru yang sedang menyelenggarakan pembelajaran tersebut, 3) Supervisi akademik teknik kunjungan kelas dilakukan kepala sekolah seorang diri sebagai supervisor sesuai dengan jadwal kunjungan kelas maupun bersama-sama dengan guru-guru yang berminat sebagai acuan dalam menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, 4) Supervisi akademik teknik kunjungan kelas meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru, Pembelajaran, Supervisi Akademik, Kunjungan Kelas.

PlumX Metrics

Published

2018-08-26