PENGEMBANGAN PRODUK BATIK TULIS GIRILOYO GUNA MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN

Authors

  • Titik Desi Harsoyo
  • Audita Nuvriasari
  • Anief Fauzan Rozi

Abstract

Batik Tulis Giriloyo merupakan produk batik yang dihasilkan oleh kelompok pengrajin di Kampung Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ciri khas batik yang dihasilkan adalah batik buatan tangan (batik tulis) motif keraton yang halus, dengan ciri khas warna soga (cokelat). Produk yang dihasilkan telah memiliki kualitas yang bagus dengan jangkauan harga kelas menengah atas. Dalam perkembangannya, kelompok pengrajin telah mengembangkan produknya dengan menghasilkan batik dengan pewarna sintetis dan batik kombinasi (cap dan tulis). Seiring dengan perkembangan trend batik dan minat konsumen maka perlu adanya inovasi melalui pengembangan produk agar dapat semakin menarik minat konsumen.
Permasalahan yang dihadapi oleh pengrajin adalah kurangnya keterampilan dalam mengembangkan jenis produk batik selain batik tulis dan batik kombinasi sehingga perlu adanya inovasi baru. Disamping itu masih belum dimanfaatkannya sisa atau perca batik untuk pengembangan produk seperti aneka asesoris.
Guna mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu diberikan pembinaan yang berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan pengrajin dalam mengembangkan produk batik melalui pembuatan batik Eco-printing yang memanfaatkan bahan-bahan alam, seperti: aneka daun, aneka bunga dan kulit kayu. Disamping itu pengrajin perlu diberikan pelatihan keterampilan untuk membuat aneka asesoris berbahan batik, seperti: bando, karet rambut, bros, kalung, dan lain-lain.
Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah (1). Adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra di bidang manajemen pemasaran khususnya dalam pengembangan produk, dan (2) bertambahnya variasi produk yang dihasilkan yakni batik eco-printing dan aneka asesoris.
Kata-kata kunci: Pemasaran, Pengembangan Produk, Minat Konsumen

References

Chadamoyo, P., dan Dumbu, E. 2012. Competitive Strategy and Business Environment Influencing Performance of Small and Medium Entreprises in the Manufacturing Sector: The Case Study of Manufacturing Firms in Mucheke Light Industry, European Journal of Business And Management, 4 (10): 28-35

Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Indeks

Nuvriasari, A., Wicaksono, G., dan Sumiyarsih. 2015. Peran Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Strategi Bersaing terhadap Peningkatan Kinerja UKM. EKUITAS – Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 19 (2): 241-259.

Olawale, F., dan Garwe, D. 2010. Obstacles to The Growth Of New SMEs In South Africa: A Principal Component Analysis Approach. African Journal of Business Management, 4 (5): 729-738.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-15