INDUKSI TEKNOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PAUD AISIYAH AL-HASANAH SUKOHARJO

Authors

  • Indah Nofikasari
  • Fajar Suryani
  • Margareta Evi Yuliana

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan induksi teknologi media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pendidikan anak usia dini. Kegiatan ini untuk meningkatkan proses kegiatan pembelajaran yang lebih menarik siswa. Metode kegiatan Induksi teknologi dilakukan dalam lima tahap yaitu (1) Pembuatan Materi, (2) Pelatihan, (3) Implementasi Program, (4) Pendampingan dan (5) Monitoring. Proses penyusunan materi dan pelatihan adalah pendekatan konsep proses pembelajaran interaktif berbasis multimedia. Pendekatan yang digunakan untuk proses pendampingan adalah pendekatan Project pembuatan materi pembelajaran interaktif berbasis multimedia. Pendekatan yang digunakan untuk kegiatan monitoring adalah problem solving. Kegiatan ini mitra dikenalkan dengan teknologi dan cara menggunakan aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia. Proses implementasi media pembelajaran interaktif yang terdiri dari pembuatan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia akan dilakukan oleh mitra dengan pendampingan dari tim pengabdian. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah implementasi media pembelajaran interaktif berbasis multimedia yang meliputi pembuatan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis multimedia, mengedit gambar dan video dan publish aplikasi ke media penyimpanan.
Kata Kunci : Pembelajaran, Interaktif, Eavaluasi, Manajemen

References

Ali, M. 2009. Pengembangan media pembelajaran interaktif mata kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi @Elektro 5(1): 11-18.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Fadillah, M, dkk. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana

Hanif Al Fatta. 2010. Aplikasi Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA untuk SekolahDasar Kelas VI. Jurnal DASI 5 (2).

Ilham Eka Putra. 2013. Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. Jurnal TeknoIF 1 (4) : 20-25.

Jannah, M., Sugianto, Sarwi. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Nilai Karakter Melalui Inkuiri Terbimbing Materi Cahaya Pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal of Innovative Science Education (JISE) 1(1): 5460.

Rosyada, Dede. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Pers

Siswanto, J. 2011. Compact Disk Online (CD-O) sebagai Multimedia Interaktif Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek. Jurnal JP2F 2(1): 56-70.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta : Graha Ilmu

Susanto Susanto, Novi Ratna Dewi, Andin Irsadi, 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Education Game pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Cahaya Untuk Siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal 2(1)

Widi Widayat, Kasmui Kasmui, Sri Sukaesih, 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu Pada Sistem Gerak Pada Manusia. Unnes Science Education Journal 3 (2).

Widiyatmoko, A. 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan pendekatan Physics-Edutainment Berbantuan CD Pembelajaran Interaktif. JPE 1(1): 38-44..

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-15