PENGUATAN PEMASARAN PRODUK BATIK PADA PAGUYUBAN BATIK TULIS GIRILOYO

Authors

  • Audita Nuvriasari, Titik Desi Harsoyo & Anief Fauzan Rozi

Abstract

Paguyuban Batik Tulis Giriloyo merupakan kelompok pengrajin di Kampung Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang pada awalnya mengkhususkan pada produksi batik tulis berbahan alam. Sejalan dengan perkembangan industri batik, maka pengrajin juga memproduksi batik kombinasi (cap dan tulis) dengan bahan alam maupun sintesis. Produk yang dihasilkan telah dipasarkan baik pada pasar domestik maupun internasional, namun pasar utama yang selama ini dilayani adalah pasar domestik.
Batik yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus, baik dari sisi motif, pewarnaan maupun kehalusan pengerjaannya. Meskipun produk yang dihasilkan telah memiliki kualitas yang bagus, akan tetapi kelompok pengrajin pada Paguyuban Batik Tulis Giriloyo masih memiliki keterbatasan dalam memasarkan produknya khususnya dalam kegiatan promosi. Umumnya promosi dilakukan dengan mengikuti kegiatan pameran, bekerjasama dengan biro perjalanan wisata ataupun komunikasi pemasaran melalui getok tular. Sebagian kecil pengrajin yang sudah memanfaatkan teknologi informasi dalam memasarkan produknya akan tetapi masih sangat terbatas dalam pengetahuan dan keterampilan untuk megunakan media on-line sebagai sarana promosi untuk memperluas jaringan pemasarannya.
Permasalahan tersebut diatasi dengan memberikan transfer Iptek kepada pengrajin melalui kegiatan penyuluhan, pelatihan dan advokasi atau pendampingan. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah: (1). Penyuluhan mengenai strategi pemasaran bagi UKM, (2). Penyuluhan tentang peran penting e-commerce atau e-marketing dalam kegiatan usaha, (2) Penyuluhan dan pelatihan penggunaan media sosial seperti facebook dan instagram secara efektif untuk mendukung aktivitas pemasaran, dan (3). Pengoperasioan on-line shop untuk Paguyuban Batik Tulis Giriloyo yang dibarengi dengan pengadaan penyediaan on-line shop serta pendampingan penggunaannya.
Kata-kata kunci: Promosi, Pemasaran on-line, Media Sosial, Teknologi Informasi

References

Hunaiti, Z., Masa’deh, R., and Mansour, M. 2009. Electronic Commerce Adoption Barriers in SMEs in Developing Countries: The Case of Libya, IBIMA Business Review, 2: 37-45.

Nuvriasari, A. 2012. Peran Dukungan Organisasional, Kompetensi Teknologi Dan Lingkungan Eksternal Dalam Rangka Mendorong Pengadopsian E-Commerce Pada UKM, Jurnal Siasat Bisnis, 16 (2):205-217.

Senarathna, R. and Wickramansuriya, H. 2011. Organizational Factors Affecting E-Commerce Adoption in Small and Medium-Sized Enterprises, Tropical Agricultural Research, 22 (2): 204-120.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2019-10-15