PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK PENINGKATAN KOMUNITAS

Hendro Gunawan & Clara Hetty Primasari

Abstract


Perkembangan web forum yang pesat pada saat ini dapat mendorong berbagai individu untuk membangun sebuah kelompok, misalnya komunitas. Komunitas adalah sekelompok orang yang saling berbagi lingkungan, perhatian, masalah, serta memiliki ketertarikan atau kegemaran yang sama terhadap suatu topik, dan dapat memperdalam pengetahuan serta keahliannya dengan saling berinteraksi secara terus menerus. Masalah-masalah yang sering di hadapi dalam komunitas yang berhubungan dengan media sosial adalah kurang memanfaatkan media sosial lain dalam mempromosikan komunitasnya dan maraknya artikel-artikel hoax di dalam komunitas. Berawal dari masalah komunitas tersebut konsep Pengabdian Pada Masyarakat ini disusun. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menyasar komunitas dengan sampel satu mitra, yaitu komunitas Big Bike Yogyakarta yang merupakan salah satu komunitas motor di Yogyakarta. Kegiatan ini akan dilakukan dalam jangka waktu enam bulan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menangkal berita hoax, sehingga anggota komunitas dapat menyaring artikel mana yang baik dan artikel yang hoax. Pada pengabdian masyarakat ini komunitas dibimbing bagaimana cara memajukan komunitas melalui media sosial agar komunitas lebih dikenal dengan kegiatan positif dan dapat menambah anggota komunitas.
Kata-kata kunci: komunitas, media sosial, hoax