PEMANFAATAN SAMPAH MENJADI PRODUK YANG BERDAYA GUNA

Authors

  • Dewi Saptantinah P, Fadjar Harimurti & Merkuria Karyantina

Abstract

Sampah merupakan masalah hampir di setiap pemukiman penduduk, apalagi yang berpenduduk padat. Dengan semakin berkembangnya kepadatan penduduk, maka sampah menduduki peringkat atas masalah terbesar yang sulit untuk dipecahkan. Bermula dari masalah tersebut maka perlu dipikirkan bagaimana penanganan sampah tersebut.
Pada saat ini dikembangkan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle), dengan adanya konseo tersebut diharapkan sampah berkurang, dan dapat dimanfaatkan penggunaannya secara optimal. Sampah dipilah menjadi organic dan non organic, untuk organic dapat diproses lagi menjadi pupuk, sedangkan anorganik dapat dibuat kerajinan berbagai asesoris. Hasil dari pendayagunaan sampah tersebut dapat dijual dan menambah pendapatan masyarakat. Fungsi dari bank sampah adalah mengelola pendapatan dari hasil penjualan sampah tersebut.
Mitra yang digunakan sebagai obyek di bank sampah ini belum optimal karena keterbatasan penggunaan alat untuk memproses sampah, dengan demikian dengan kegiatan pengabdian ini berusaha memberikan bantuan peralatan yang diperlukan untuk tujuan mendayagunakan secara optimal sampah untuk diolah menjadi produk yang berguna.
Kata kunci: Bank sampah, sampah organik, sampah anorganik

PlumX Metrics

Published

2018-12-12