PKM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN MANAJEMEN PEMASARAN PADA USAHA KECIL PENGHASIL ROTI DAN KUE BASAH DI KADIPIRO BANJARSARI SURAKARTA

Authors

  • Betty Eliya Rokhmah & Siti Almaidah

Abstract

Usaha pembuatan roti dan kue basah merupakan usaha rumahan yang banyak dilakukan oleh masyarakat di Surakarta. Banyaknya permintaan terhadap roti dan kue basah merupakan suatu peluang usaha yang menjanjikan. Kondisi persaingan yang ketat menuntut usaha pembuatan roti dan kue basah untuk aktif dalam melakukan terobosan dan inovasi, supaya produknya tetap diminati oleh konsumen. Usaha pembuatan roti dan kue basah sebagai usaha kecil juga mengalami berbagai kendala, diantaranya omzet dan kapasitas produksi yang rendah, serta lemahnya pada aspek pemasaran terutama dalam saluran distribusi bagi produknya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pada dua usaha pembuatan roti dan kue basah di Kadipiro Banjarsari Surakarta. Kegiatan ini bertujuan: 1) pengusaha penghasil roti dan kue basah dapat menjalankan usahanya secara profesional, kreatif dan inovatif, 2) dapat memperluas pasar bagi produknya, 3) dapat meningkatkan kapasitas produksinya, 4) meningkatkan keahlian dan keterampilan dalam pembuatan roti dan kue basah. Kegiatan dalam pengabdian ini meliputi pelatihan (manajemen pemasaran, kewirausahaan, penyusunan laporan keuangan), dan pendampingan (penyusunan laporan keuangan dan pembuatan varian baru bagi produknya), serta hibah alat. Berdasarkan pelaksanaan dan evaluasi hasil kegiatan dapat disimpulkan pengusaha penghasil roti dan kue basah dapat menjalankan usahanya secara profesional, kreatif dan inovatif, serta terdapat peningkatan kapasitas produksi karena bertambahnya permintaan dari pelanggan.
Kata-kata kunci: usaha kecil, kreatif, inovatif, kapasitas produksi

PlumX Metrics

Published

2018-12-11