PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENANGGULANGAN KEKERASAN DALAM BERPACARAN

Authors

  • Shinta Rukmi Budiastuti

Abstract

Usia remaja sebagai awal proses pencarian jati diri, sebagai pembentukan karakter kepribadian sehingga harus mendapatkan perhatikan dengan baik, sebab kesalahan pada tahap ini dapat memicu remaja berperilaku menyimpang dengan melakukan kejahatan-kejahatan yang sangat merugikan, sehingga dapat merusak masa depan para remaja, menimbulkan keresahan dalam lingkungan masyarakat dan menyebabkan dampak-dampak lainnya yang dapat mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab setiap komponen masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengatasi kenakalan remaja melalui setiap cara dan langkah masing-masing demi tercapainya ketentraman dalam kehidupan bermasyarakat.
Kekerasan Dalam Pacaran adalah suatu tindakan berdasarkan perbedaan jenis kelamin yang berakibat atau mungkin berakibat kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual atau psikologis, termasuk ancaman tindakan tertentu, pemaksaan atau perampasan kemerdekaan secara sewenang-wenang, baik yang terjadi di depan umum atau dalam kehidupan pribadi.
Pada umumnya, sangat sedikit masyarakat yang tahu adanya kekerasan yang terjadi dalam pacaran, karena sebagian besar menganggap bahwa masa pacaran adalah masa yang penuh dengan hal-hal yang indah, ketidaktahuan masyarakat akibat kurangnya informasi dan data dari laporan korban mengenai kekerasan dalam pacaran tersebut. Sehingga peran serta masyarakat sebagai pendamping serta pengawas remaja menjadi sangat penting guna menanggulangi serta menekan efek yang ditimbulkan oleh kekerasan dalam berpacatan.
Kata Kunci : Masyarakat, Kekerasan Berpacaran

PlumX Metrics

Published

2018-12-10