PENINGKATAN PEMASARAN BATIK TEGALREJO BAYAT MELALUI TEKNIK DESAIN GRAFIS

Authors

  • Nurhayati, Ratna Dewi & Saiful Bahri

Abstract

Saat ini Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten memiliki Kelompok Batik lokal Bayat yang mempunyai kepengurusan dan anggota yang sudah mulai belajar membuat batik namun belum dapat memproduksi banyak secara komersiil karena keterbatasan pada pengenalan pembuatan motif, ketersediaan alat, dan cara serta peluang memasarkan batik serta link dengan instansi terkait yang dapat memberikan pembinaan, permodalan serta menciptakan peluang pemasaran. Selama ini hasil produksi masyarakat kelurahan Tegalrejo yang dikoordinir Eza batik hanya menunggu pesanan dari pihak pemesan. Namun ketika tidak memiliki order penjualan dari pihak manapun maka tenaga masyarakat terpaksa tidak lagi produktif. Dikhawatirkan bahkan ketrampilan yang sudah dimiliki akan hilang sedikit demi sedikit jika tak terasah secara kontinyu. Dengan melihat potensi dan permasalahan yang melingkupi Kelurahan Tegalrejo ini maka yang menjadi masalah adalah Kelompok Usaha Batik yang dikordinir oleh batik Eza ini mendapatkan bantuan guna meningkatkan kegiatannya baik melalui peningkatan ketrampilan, peningkatan pemasaran dan permodalan. Dengan program pengabdian Universitas Slamet Riyadi yang bertema Peningkatan Pemasaran Batik Tegalrejo Bayat Melalui Teknik Desain Grafis diharapkan menstimulir dan memberikan angin segar untuk berkembang dan menjadi usaha home industri yang mandiri dan mapan. Sehingga bisa bersaing dengan pengrajin batikpada umumnya
Kata Kunci: Batik Bayat , pemasaran, teknik Desain Batik

PlumX Metrics

Published

2018-12-10