PEMBERDAYAAN PEREMPUAN NELAYAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA NUGGET KERANG DI DESA BLURU KIDUL KECAMATAN SIDOARJO KABUPATEN SIDOARJO

Authors

  • Tukiman, Rosida & Sonja Andarini

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemberdayaan perempuan nelayan dalam pengembangan usaha nugget kerang di Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo, pelaksanaannya dilakukan dari bulan Maret sampai dengan Juni 2018, metode pengabdian masyarakat ini berupa Pelatihan, Pendampingan dan praktek membuat nugget kerang sesuai dengan resep adonan yang bercita rasa, & Higienitas produk pangan. Pelatihan, Pendampingan dan praktek manajemen pemasaran Pachaging & Labeling, monitoring dan pendampingan setelah pelatihan.
Konsep ini adalah menciptakan sebuah masyarakat yang mandiri dan kreatif dalam memproyeksikan masa depan mereka, keluarga masyarakat nelayan di Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo, tidak akan lagi bergantung pada pemerintah setempat dalam pengembangan usaha home industri di desanya, akan tetapi mampu berdiri sendiri dengan potensi yang ada di wilayahnya. Sistim manajemen yang berbasiskan kemandirian dan kreatifitas dalam pengembangan produksi nugget kerang masih jarang ditemukan. Oleh karena itu kedepan desa Bluru Kidul diharapkan menjadi desa percontohan khususnya dalam produksi nugget kerang di Jawa Timur khususnya, dan di Indonesia pada umumnya, terutama bagi wilayah desa-desa pesisir.
Kata kunci: Pemberdayaan, Perempuan Nelayan, Nugget Kerang

PlumX Metrics

Published

2018-12-10