PERSEPSI MAHASISWA PADA TAYANGAN BERITA INEWS SIANG (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Mahasiswa Universitas Semarang Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Angkatan 2015)

Authors

  • Devi Ambarsari Universitas Slamet Riyadi
  • Dian Esti Nurati Universitas Slamet Riyadi
  • Siswanta Siswanta Universitas Slamet Riyadi

Abstract

ABSTRAK


Tayangan berita iNews TV pada program acara berita lebih menampilkan tayangan berita yang mementingkan suatu golongan atau partai yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi mahasiswa. Hal ini dapat dilihat munculnya program berita iNews Siang pada segmen Berita Wajib yang menginformasikan informasi mengenai kepentingan suatu golongan. Tayangan kurang efisien untuk ditonton jika sering ditayangkan. Berita-berita yang disajikan dianggap menyimpang dari kaidah-kaidah jurnalistik seperti keseimbangan (balance) yang mana tidak boleh terkesan berat sebelah dengan menguntungkan satu pihak (Budiman, Kris. 2005).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa pada tayangan berita iNews Siang pada segmen Berita Wajib.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, lokasi penelitian Universitas Semarang, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara 4 mahasiswa Ilmu Komunikasi. Teknik analisis data dengan mengumpulkan data, memilih data dan memfokuskan data pada hal-hal yang sesuai dengan tujuan penelitian, kemudian mengorganisasikan dan merangkum data selanjutnya membuat kesimpulan dari data yang diperoleh.
Hasil penelitian ini adalah sebagian mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang pernah melihat tayagan Berita Wajib, mereka beranggapan bahwa Berita Wajib yang terkesan mementingakan suatu golongan ataupun menginformasikan tentang keberhasilan target atau keberhasilan bisnis dari sebuah group atau golongan yang tidak lain adalah partai perindo. Perbedaan latar belakang informan yang sama bukan merupakan penentu utama munculnya persamaan makna. Hal ini disebabkan oleh latar belakang informan yang berbeda, sikap, perhatian, kebutuhan daya tarik dan pengalaman pribadi individu dalam menyaksikan tayangan Berita Wajib juga dapat menentukan persepsi mahasiswa.


Kata Kunci : Persepsi Mahasiswa, Tayangan Berita, Televisi

PlumX Metrics

Published

2019-01-20

How to Cite

Ambarsari, D., Nurati, D. E., & Siswanta, S. (2019). PERSEPSI MAHASISWA PADA TAYANGAN BERITA INEWS SIANG (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Mahasiswa Universitas Semarang Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Angkatan 2015). Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/4125

Issue

Section

Artikel