IKLAN POLITIK DAN MINAT MEMILIH (Studi Korelasional tentang Iklan Politik Melalui Media Massa Cagub dan Cawagub JawaTengah terhadap Minat Memilih Pemilih Pemula di Kelurahan Sonorejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo)

Authors

  • Bajeng Sidiq Herlambang Universitas Slamet Riyadi
  • Dian Esti Nurati Universitas Slamet Riyadi

Abstract

ABSTRAK


Penggunaan media massa dalam kampanye politik kandidat cagub-cawagub Jawa Tengah bertujuan untuk komunikasi dengan sasaran masyarakat yang memiliki hak pilih. Media massa menjadi sarana persuasi yang efektif dalam komunikasi politik karena media massa dapat menjangkau pemilih yang menjadi sasarannya dengan waktu yang cepat dan biaya yang relatif murah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan iklan politik melalui media massa dengan minat memilih Cagub–Cawagub Jawa Tengah pada pemilih pemula di Kelurahan Sonorejo Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini dilandasi teori komunikasi tentang fungsi iklan dengan model AIDA. Model AIDA adalah model yang menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan seseorang dalam merespon iklan meliputi : A : untuk Attention tahap dimana masyarakat memberi perhatian pada iklan dari cagub-cawagub I : untuk interest tahap dimana masyarakat menjadi tertarik pada iklan spanduk dari pasangan cagub-cawagub. D : untuk desire tahap dimana masyarakat berkeinginan memperoleh informasi sehubungan dengan pesan iklan dari cagub-cawagub. A : untuk Action tahap yang mana masyarakat melakukan tindakan berupa keinginan untuk memilih dari pasangan cagub-cawagub. Jenis penelitian adalah explanatory research. Lokasi penelitian di Kelurahan Sonorejo Kabupaten Sukoharjo. Populasi penelitian sebanyak 48 orang dan keseluruhannya digunakan sebagai teknik total sampling. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Cara pengumpulan data kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi rank spearman (rs) sebesar 0,744, Hasil uji t sebesar 12,582 lebih besar dari harga kritik yang ditentukan dalam tabel distribusi t sehingga 7,552 > df = 1,684 > df = 1,671, berarti ada korelasi yang positif dan signifikan Iklan Politik melalui media massa Cagub dan Cawagub Jawa Tengah dengan Minat Memilih Pemilih Pemula di Kelurahan Sonorejo Kabupaten Sukoharjo.


Kata Kunci : iklan politik, media massa, minat memilih

PlumX Metrics

Published

2019-01-20

How to Cite

Herlambang, B. S., & Nurati, D. E. (2019). IKLAN POLITIK DAN MINAT MEMILIH (Studi Korelasional tentang Iklan Politik Melalui Media Massa Cagub dan Cawagub JawaTengah terhadap Minat Memilih Pemilih Pemula di Kelurahan Sonorejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo). Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/4123

Issue

Section

Artikel