UPAYA RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENDENGAR MELALUI PROGRAM SIARAN PRO 1 DI RRI SURAKARTA

Authors

  • Aci Diana Ayu Irawati Universitas Slamet Riyadi
  • Buddy Riyanto Universitas Slamet Riyadi
  • Herning Suryo Sardjono Universitas Slamet Riyadi

Abstract

ABSTRAK


Perkembangan jumlah stasiun radio siaran meningkat di seluruh Indonesia termasuk di Kota Surakarta, Dengan banyaknya jumlah stasiun radio siaran membawa konsekuensi logis munculnya kompetisi antar media radio. Saat ini persaingan radio di Surakarta sangat banyak, namun RRI radio yang menyandang nama negara yang siarannya ditujukan untuk kepentingan bangsa dan negara yang menempati peringkat 4 dari 9 top radio in Surakarta. Maka penulis tertarik untuk meneliti Upaya RRI Surakarta meningkatkan jumlah pendengar melalui program siaran PRO 1. Untuk mendapatkan pendengar, RRI Surakarta menggunakan strategi program acara yaitu kualitas acara, lagu serta; metode penyajian materi acara siaran. Tujuan diadakan penelitian untuk mendeskripsikan upaya yang digunakan RRI Surakarta untuk meningkatkan jumlah pendengar melalui program acara siaran PRO 1. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Adapun teori yang digunakan yaitu pendapat Susan Tyler Eastman dan Douglas A. Ferguson yang menyatakan lima elemen penting dalam programming yaitu Compability (kesesuaian), habit formation (membangun kebiasaan), control of audience flow (mengontrol arus pendengar), concervation of program resources (pemeliharaan sumber daya program), breadth of appeal (daya tarik yang luas). Hasil penelitian menjelaskan bahwa program acara siaran PRO 1 sesuai dengan segmentasinya, penjadwalan program acara dapat membentuk kebiasaan pendengar, kesinambungan antar program siaran dapat mengontrol arus pendengar, dalam pemeliharaan sumber daya program Materi yang disajikan merupakan hasil produksi dari RRI PRO 1 sendiri, selebihnya PRO1 mendapatkan materi yang di relay dari RRI pusat, berita yang aktual dan terpercaya, informasi-informasi yang mendidik menjadi daya tarik RRI PRO 1.


Kata kunci : Radio, Program Acara, Upaya

PlumX Metrics

Published

2019-01-20

How to Cite

Irawati, A. D. A., Riyanto, B., & Sardjono, H. S. (2019). UPAYA RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENDENGAR MELALUI PROGRAM SIARAN PRO 1 DI RRI SURAKARTA. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/4121

Issue

Section

Artikel