REPRESENTASI NILAI ISLAMI DALAM LAYANAN BIRO JODOH DIGITAL mawaddahindonesia.com
Abstract
Abstrak
Tujuan kajian ini adalah untuk menjelaskan representasi nilai-nilai islami dalam ta’aruf laman biro jodoh berbasis internet ‘’mawaddahindonesia.com’’. Pemanfaatan internet sebagai media mediasi perjodohan dalam situs ini menarik untuk dicermati lebih dalam sebab lebih didasarkan pada mekanisme yang merefleksikan perilaku Islami. Perilaku itu misalnya adalah saat offline dating, laki – laki dan perempuan tidak diperbolehkan bertemu tanpa mediator ( orang ke tiga ) atau wali mahrom. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode analisis isi. Laman ‘’mawaddahindonesia.com’’ sebagai data utama akan dicermati dengan bantuan teori-teori representasi. Langkah itu diambil untuk menemukan kategori – kategori nilai Islami didalamnya. Data skunder berasal dari berbagai sumber / referensi pendukung yang dianggap relevan dengan riset ini. Hasil studi memperlihatkan laman ini menampilkan mekanisme dan merefleksikan nilai – nilai pergaulan Islami. Disamping itu penelitian ini juga mendapatkan kesimpulan bahwa mawaddahindonesia.com merepresentasikan puritanisme taaruf, nilai ukhuwah Islamiah dan identitas kelompok. Identitas kelompok dalam laman ini adalah kaum muslim dengan manhaj salaf. Laman ini juga merupakan situs yang tidak berbayar, tidak mengutamakan hubungan transaksional semata. Akhirnya situs ini tampak mempunyai agenda tak langsung yakni mengkomunikasikan tata cara pergaulan yang sesuai kaidah ke-Islaman, khususnya manhaj salaf.
Kata kunci : Nilai Islami, Biro Jodoh, Digital