Hubungan Kepemimpinan Kepala Desa Dan Komunikasi Dengan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Desa Botok, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar.

Authors

  • Stemli Seleman, Joko Pramono, Damayanti Suhita Universitas Slamet Riyadi

Abstract

Kepemimpinan kepala desa dan komunikasi adalah dua factor yang penting dalam mempengaruhi partisipasi masyarakat, karena baik buruknya partisipasi masyarakat akan berdampak pada pembangunan yang telah direncanakan.Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah mengukur seberapa besar Hubungan Kepemimpinan Kepala Desa Dan Komuniksi dengan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Didesa Botok, Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar hubungan yang diberikan kepemimpinan kepala desa dan komunikasi terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan didesa Botok.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 responden dari populasi 486 KK dengan menggunakan teknik Probability Sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner (angket). Adapun teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis secara statistik dengan Uji Validitas, Uji Reabilitas dan Uji Product Moment menggunakan program Statiscal Product and Servise Solution (SPSS) 2.0.

Hasil penelitin ini menunjukan bahwa kepemimpinan kepala desa dan komunikasi memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap partisipasi masyarakat. Kontribusi variabel kepemimpinan kepala desa dan komunikasi terhadap partisipasi masyarakat yaitu: Dapat dilihat dari nilai rhitung > rtabel dengan nilai yaitu 0,627>0,270 dengan nilai signifikansi 0,000<0,01. Kesimpulannya: Adanya hubungan yang kuat antara Kepemimpinan kepala desa dan Komunikasi dengan Partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Hal ini dilihat dari nilai yang diperoleh sebesar 62,7%, sedangkan sisah dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Kata kunci : Kepemimpinan, Komunikasi dan Partisipasi.

PlumX Metrics

Published

2019-01-10

How to Cite

Seleman, Joko Pramono, Damayanti Suhita, S. (2019). Hubungan Kepemimpinan Kepala Desa Dan Komunikasi Dengan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Desa Botok, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/3037

Issue

Section

Artikel