KERJASAMA BILATERAL INDONESIA – KOREA SELATAN DALAM PENGEMBANGAN PENELITIAN SUMBER ENERGI ALTERNATIF (Studi Kasus : Kerjasama penelitian LIPI-KIST dalam memanfaatkan Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit)

Authors

  • Noviana Nurhamidah Muyasaroh, Setyasih Harini, GPH. Dipokusumo Universitas Slamet Riyadi

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai bagaimana kerjasama bilateral Indonesia-Korea Selatan dalam pengembangan penelitian sumber energi alternatif bioethanol generasi kedua. Ketergantungan dunia akan energi fosil semakin Ketergangtungan dunia terhadap bahan bakar fosil yang mencapai lebih dari 90%. Membuat berbagai negara maju maupun berkembang membuat penelitian dan bekerjasama untuk mencari cara membuat terobosan baru hingga menciptakan teknologi energi alternatif pengganti bahan bakar fosil. Salah satunya adalah Indonesia dan Korea Selatan yang menjalin kerjasama bilateral dalam mengembangkan energi alternatif khususnya Bioethanol. Dengan menggunakan teori Kerjasama Bilateral, Diplomasi multi jalur dan Sustainable Development. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data penelitian berbasis dokumen melalui penjabaran secara deskriptif dan menggunakan data primer dengan 3 narasumber yang sesuai dibidangnya, dan data sekunder dengan menggunakan teknik penelusuran obeservasi,wawancara, dan dokumen. Melalui analisis kerjasama bilateral Indonesia-Korea Selatan dalam pengembangan penelitian sumber energi alternatif, peneliti menemukan bahwa kerjasama bilateral ini berdasarkan kepentingan masing-masing negara untuk mengurangi ketergantungan energi alternatif dan beralih ke sumber energi alternatif. Dan mekanisme kerjasama Bilateral Indonesia dan Korea Selatan ini menghasilkan kesepakatan yang menguntungkan Indonesia. Dalam hal ini mendapatkan kepemilikan terhadap Teknologi pilot plant. Mendapatkan transfer Ilmu dan kuliah dari Ahli Energi Korea Selatan. Dan mendapatkan anggaran 20% total hibah untuk keperluan di Indonesia.
Kata kunci : Kerjasama Bilateral, Energi fosil, Sumber Energi Alternatif, Sustainable Development

PlumX Metrics

Published

2018-07-10

How to Cite

Setyasih Harini, GPH. Dipokusumo, N. N. M. (2018). KERJASAMA BILATERAL INDONESIA – KOREA SELATAN DALAM PENGEMBANGAN PENELITIAN SUMBER ENERGI ALTERNATIF (Studi Kasus : Kerjasama penelitian LIPI-KIST dalam memanfaatkan Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit). Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 2(3). Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/2363

Issue

Section

Solidaritas: Volume 2 No 3