HOME VISIT SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rizqi Pambudi Adhi Prabowo Universitas PGRI Semarang
  • A.Y. Soegeng Ysh Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v4i1.5644

Keywords:

home visit, distance learning, covid-19 pandemic

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor guru dalam menjalankan perannya pada proses pembelajaran home visit selama masa pandemi covid-19 SDN 02 Sukorejo Kabupaten Grobogan. Desain Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa home visit sebagai metode pembelajaran di SDN 02 Sukorejo terlaksana dengan baik, dilakukan secara bergantian dengan rombel 4-5 siswa, sebagai bentuk kepedulian pendidikan guna mempermudah kesulitan siswa, dengan materi yang sederhana dan praktis. Faktor pendukung berupa adanya dukungan dari semua pihak baik kepala sekolah guru, orangtua, komite sekolah dan pengawas sekolah, serta ketersediaan rumah siswa yang luas, serta jarak rumah tinggal antar siswa mudah dijangkau. Adapun hambatan home visit berupa keterbatasan kelengkapan media dan waktu pembelajaran.

Author Biography

Rizqi Pambudi Adhi Prabowo, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Ayu, Wulandari Nadiah. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia, diakses dari https://pustakabergerak.id/artikel/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-pelaksanaan-pendidikan-di-indonesia-2, pada 9 Agustus 2020.

Bachri, Syamsul. 2020. Nadiem Makarim: Kurikulum Pembelajaran Jarak Jauh Tengah Disusun, diakses dari https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-01583084/nadiem-makarim-kurikulum-pembelajaran-jarak-jauh-tengah-disusun, pada 8 Agustus 2020.

Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N.. 2015. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 03, 102.

Miles, Mattew B dan A. Michael Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia. Press.

Rahardjo, Susilo & Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknis Non Tes. Kudus: Nora Media Entrepise.

Sukardi, H. S. 2018. Pelatihan Pemanfaatan Media E-Learning Edmodo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6, 40.

Undang-undang RI No.20 tahun 2003, Pasal 1 Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-04-01