ANALISIS PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS IIIA

Authors

  • Dewi Fitrianingsih Universitas Slamet Riyadi
  • Sutoyo Sutoyo Universitas Slamet Riyadi
  • Oktiana Handini Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v4i1.5296

Keywords:

role playing model, integrative thematic learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan model role paying, 2). Untuk mengetahui ke efektivitas penerapan model role playing, 3). Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi model pembelajaran role playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan analisis data dapat disumpulkan bahwa: 1) Kelebihan dalam penggunaan model role playing yaitu peserta didik bisa langsung ikut aktif dalam bemain, sedangkan dalam kekurangan model role playing yaitu peserta didik masih kurang diri, 2) penerapan model role paying sudah cukup baik, 3) adanya hambatan dan kendala yang terjadi mampu di atasi oleh guru yang bersangkutan.

References

Asep Priatna & Ghea Setyarini. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Sd Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal: STKIP Subang.

Hamalik Hamzah. 2014. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Lexy J. Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Dan Pembelajaran Isu Isu Dan Paradigma. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Oktiana Handini, Soewalni Soekirno. 2019. “Intensitas Pembelajaran Tematik Integratif Melalui Pendekatan Saintifik Di SD Kestalan Surakarta”. Jawa Tengah Widya Wacana 14 (1)

Oktiana Handini & Sarafuddin. 2018. “Pengembangan Pembelajaran Tematik Integrative Melaui Collaboration Model Di Sekolah Dasar Kota Surakarta”. Jawa Tengah. Jurnal Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) 5 (2).

Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20. 2018. Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.

PlumX Metrics

Published

2023-04-01