IMPLEMENTASI METODE MULTISENSORI UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA DI SD NEGERI KESTALAN

Authors

  • Antika Dian Sulistyanti Universitas Slamet Riyadi
  • Yusuf Yusuf Universitas Slamet Riyadi
  • Sarafuddin Sarafuddin Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v4i1.4032

Keywords:

multisensory method, reading difficulties

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran tematik sebelum dan sesudah masa pandemi Covid-19, 2) hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah masa pandemi Covid-19, 3) kesulitan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik sebelum dan sesudah masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pelaksanaan pembelajaran secara langsung yang dilakukan oleh guru sudah berjalan dengan baik, namun pada pembelajaran jarak jauh belum terlaksana dengan optimal. (2) Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran secara langsung pada aspek kognitif menunjukkan nilai rata-rata 80, aspek psikomotorik menunjukkan nilai rata-rata 84, dan aspek afektif menunjukkan hasil yang bagus. Sedangkan pada pembelajaran jarak jauh hasil belajar peserta didik meningkat, rata-rata aspek kognitif menjadi 83, rata-rata aspek psikomotorik menjadi 82, penilaian afektif menunjukan hasil yang bagus. (3) Faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

References

Ade Husnul dan Muhammad Ihsan Nugraha. 2010. Menguasai Teknik Membaca Memindai. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Afifudin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Christiana Hari Soetjiningsih. 2014. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-kanak Akhir. Yogyakarta: Kencana.

Ulfi Pebri Rahmawati. 2017. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Pada Pembelajaran Tematik di SD Negeri 1 Notorejo Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Education.

Farida Rahim. 2007. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Khusna Yulinda Udhiyanaari. 2019. Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas II SD N Manahan Surakarta. Jurnal Pendidikan. 3(1). 39-50.

Lucky Ade Sessiani. 2007. Pengaruh Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak. Junal Pendidikan. 1-113.

Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-04-01