PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV

Authors

  • Ch. Suci Ririhati SDN Kabongan Kidul

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2807

Keywords:

Metode Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS

Abstract

Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tema Indahnya Kebersamaan pada peserta didik Kelas IV SDN Kabongan Kidul di Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan penerapan Metode Two Stay Two Stray. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 39 anak, terdiri dari 21 putra dan 18 putri. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian adalah hasil belajar meningkat. Hasil belajar pada Kondisi Awal dengan nilai rata-rata sebesar 61,53 dan ketuntasan sebesar 51,28%. Hasil belajar pada Siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 73,33 dan ketuntasan sebesar 69,23%. Hasil belajar pada Siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 83,84 dan ketuntasan sebesar 89,74%.

Author Biography

Ch. Suci Ririhati, SDN Kabongan Kidul

pgsd

References

Fitriani, Tieka. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui Metode Two Stay Two Stray dengan Power Point pada Siswa Kelas IV SD Karangampel 01 Kaliwungu Kudus. Semarang: Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang (UNNES). Tidak dipublikasikan.

Lie, Anita. 2010. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

PlumX Metrics

Published

2018-12-13