PENGARUH PERMAINAN ENGKLEK BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III

Authors

  • Ria Wijayanti UNISRI
  • Anita Trisiana UNISRI

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2802

Keywords:

Permainan Engklek Berbasis Etnomatematika, Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui berpengaruh tidaknya permainan engklek berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif metode Pre-Eksperimental. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data Paired Sample T-Test dan uji N-Gain.Berdasarkan hasil analisis data statistik Paired Sample T-Test, terdapat –thitung -16,833 dibandingkan –ttabel dengan d.b = (N-1) jadi (35-1) = 34 dalam taraf signifikansi 5% yaitu -2,032atau -16,833 < -2,032 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis yang menyatakan “Ada Pengaruh Permainan Engklek Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas III Materi Bangun Datar SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018” terbukti kebenarannya dengan taraf signifikansi 5%. Besarnya pengaruh berdasarkan N-Gain 0,55 yaitu kategori sedang.

Author Biographies

Ria Wijayanti, UNISRI

pgsd

Anita Trisiana, UNISRI

PKn

References

Alec Fisher. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Diterjemahkan oleh: Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.

Agustina Dhevin Merinda Damayanti dan Rosa Dina Putranti. 2016. Pembelajaran Matematika Dalam Permainan Tradisional Engklek Untuk Siswa SD Kelas V. Prosiding Seminar Matematika dan Terapannya. P-ISSN: 2550-0384; e-ISSN: 2550-0392.

Ennis, R.H. 1985. Goal Critical Thinking Curriculum. Dalam Costa, A.L. (Ed): Developing Minds: Resorce Book for Teaching Thinking. Alexandria, Virginia: Association For Suvervision and Curriculum Developing (ASCD). Hal. 63-65.

Ema Butsi Prihastari. 2015. Permainan Tradisional Sebagai Media Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 1, No. 2, Oktober 2015. page:155-162.

Kurumeh. 2004. Pengaruh Pendekatan Pengajaran Ethnomatematics Pada Prestasi Sisa Dan Minat Dalam Geometri Dan Pengukuran. Tesis Ph.D . tidak dipublikasikan. Universitas Nigeria, Nsukka.

Noviana Dini Rahmawati, Achmad Buchori dan Bhihikmah. 2017. Pengembangan Strategi Permainan Tradisional Sunda Manda Pada Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol.2, No.2. p-ISSN: 2502-7638; E-ISSN: 2502-8391.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sujiartiningsih. 2011. Mengembangkan Nilai Luhur dengan Permainan Tradisional. PT Pantja Simpati.

PlumX Metrics

Published

2018-12-13