PENGARUH PERMAINAN ENGKLEK BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III

Ria Wijayanti, Anita Trisiana

Abstract


Tujuan penelitian mengetahui berpengaruh tidaknya permainan engklek berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif metode Pre-Eksperimental. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data Paired Sample T-Test dan uji N-Gain.Berdasarkan hasil analisis data statistik Paired Sample T-Test, terdapat –thitung -16,833 dibandingkan –ttabel dengan d.b = (N-1) jadi (35-1) = 34 dalam taraf signifikansi 5% yaitu -2,032atau -16,833 < -2,032 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis yang menyatakan “Ada Pengaruh Permainan Engklek Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas III Materi Bangun Datar SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018” terbukti kebenarannya dengan taraf signifikansi 5%. Besarnya pengaruh berdasarkan N-Gain 0,55 yaitu kategori sedang.


Keywords


Permainan Engklek Berbasis Etnomatematika, Berpikir Kritis

References


Alec Fisher. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Diterjemahkan oleh: Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.

Agustina Dhevin Merinda Damayanti dan Rosa Dina Putranti. 2016. Pembelajaran Matematika Dalam Permainan Tradisional Engklek Untuk Siswa SD Kelas V. Prosiding Seminar Matematika dan Terapannya. P-ISSN: 2550-0384; e-ISSN: 2550-0392.

Ennis, R.H. 1985. Goal Critical Thinking Curriculum. Dalam Costa, A.L. (Ed): Developing Minds: Resorce Book for Teaching Thinking. Alexandria, Virginia: Association For Suvervision and Curriculum Developing (ASCD). Hal. 63-65.

Ema Butsi Prihastari. 2015. Permainan Tradisional Sebagai Media Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 1, No. 2, Oktober 2015. page:155-162.

Kurumeh. 2004. Pengaruh Pendekatan Pengajaran Ethnomatematics Pada Prestasi Sisa Dan Minat Dalam Geometri Dan Pengukuran. Tesis Ph.D . tidak dipublikasikan. Universitas Nigeria, Nsukka.

Noviana Dini Rahmawati, Achmad Buchori dan Bhihikmah. 2017. Pengembangan Strategi Permainan Tradisional Sunda Manda Pada Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol.2, No.2. p-ISSN: 2502-7638; E-ISSN: 2502-8391.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sujiartiningsih. 2011. Mengembangkan Nilai Luhur dengan Permainan Tradisional. PT Pantja Simpati.




DOI: http://dx.doi.org/10.33061/js.v1i2.2802

Copyright (c) 2018 JURNAL SINEKTIK