UPAYA MENINGKATKAN RANAH AFEKTIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Lintang Ayu Wulandari UNISRI
  • A.R. Koesdyantho UNISRI

DOI:

https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2801

Keywords:

Afektif, Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan sikap peserta didik menggunakan strategi pembelajaran CTL pada peserta didik kelas V SDN Prawit 1 No. 69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Indikator keberhasilan yaitu diakhir siklus II memperoleh nilai akhir diatas 80%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa melalui strategi pembelajaran CTL dapat meningkatkan sikap peserta didik pada mata pelajaran PKN. Hal tersebut dibuktikan dengan lembar observasi sikap peserta didik. Pada siklus I peserta didik dengan nilai akhir sebesar 67% dan sebanyak 17 peserta didik yang mengalami ketuntasan, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85& atau sebanyak 22 peserta didik yang mengalami ketuntasan. Dengan demikian penerapan strategi pembe;ajaran CTL dapat meningkatkan sikap peserta didik bagi peserta didik kelas V SDN Prawit 1 No. 69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018

Author Biographies

Lintang Ayu Wulandari, UNISRI

pgsd

A.R. Koesdyantho, UNISRI

BK

References

E. Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sarwiji Suwandi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Yahya Arwiyah dan Runik Machfiroh. 2014. Civic Education di Perguruan Tinggi Indonesia. Bandung: Alfabeta.

PlumX Metrics

Published

2018-12-13