PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V

Yessy Latifatul Lutfianasari, Mudzanatun Mudzanatun, Fajar Cahyadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap  hasil belajar tema 4 subtema 2 siswa kelas VA SD Negeri Sampangan 02 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk Pre Eksperimental Design, dengan rancangan One Group Pretest Posttest Design. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Jenis sampling yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas VA.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil belajar siswa dilihat dari  rata-rata nilai pretest yaitu 63,95 dan meningkat pada nilai  posttest dengan rata-rata 76,84. Berdasarkan hasil uji t diketahui thitung lebih dari ttabel (10,013> 2,02) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya bahwa penggunaan model pembelajaran  Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) berpengaruh terhadap hasil belajar tema 4 subtema 2 siswa kelas VA SD Negeri Sampangan 02 Semarang tahun pelajaran 2018/2019


Keywords


Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK), Hasil Belajar

References


Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Parwati, Ni Nyoman, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Setianingsih, Eka Sari. dkk. 2016. Diktat Strategi Belajar Mengajar. Semarang: UPGRIS.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soegeng Ysh., A.Y. 2018. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33061/js.v1i2.2531

Copyright (c) 2019 JURNAL SINEKTIK