PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL, KESEMPATAN PROMOSI, LINGKUNGAN KERJA, DAN JOB EMBEDDEDNESS TERHADAP TURNOVER INTENTIONS KARYAWAN MILLENIAL

Authors

  • Riska Fii Ahsani Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Dorothea Ririn Indriasttuti Universitas Slamet Riyadi
  • Sunarso Sunarso Universitas Slamet Riyadi
  • Hana Mega Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v5i1.4976

Abstract

Fenomena job hopping atau berpindah-pindah tempat kerja muncul pada generasi milenial. Turnover intention merupakan dampak terburuk yang disebabkan oleh ketidakmampuan suatu organisasi untuk mengelola perilaku individu, sehingga individu merasa memiliki intensi pindah kerja yang tinggi. Tingginya tingkat turnover intention pada kayawan milenial akan menimbulkan dampak negatif bagi perusahaan yang dapat menciptakan ketidakstabilan dan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut tidak efektif, oleh sebab itu suatu perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan turnover intention. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Keadilan Organisasional, Kesempatan Promosi, Lingkungan Kerja dan dan Job Embeddedness terhadap Turnover Intentions. Penelitian ini dilakukan pada sejumlah perusahaan dan UMKM yang bergerak pada industri jasa seperti restoran, hotel, rumah sakit, dan salon. Pengambilan sampel menggunakan metode prosedural sampling dengan jumlah responden penelitian sebanyak 150 karyawan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan Structural Equestion Modelling (SEM).

Author Biographies

Riska Fii Ahsani, Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen

Dorothea Ririn Indriasttuti, Universitas Slamet Riyadi

Dosen Fakultas Ekonomi

Sunarso Sunarso, Universitas Slamet Riyadi

Dosen Fakultas Ekonomi

Hana Mega, Universitas Slamet Riyadi

Mahasiswa Fakultas Ekonomi

References

Ahsani, R.F., Sunarso, dan Indriastuti, D. R. 2020. “Work Overload, Turn Over Intention, dan Work Family Conflicts pada Pegawai Perbankan Kota Surakarta”. Research Fair Unisri. Vol.4, No.1, Pp 198.206.

Alhamwan, M., dan Mat, N.B. 2015. “Antecedents of Turnover Intention Behavior among Nurses: A Theoretical Review”, Journal of Management and Sustainability, Vol.5, No.1, Pp. 84-89.

Bergiel. E. B., Nguyen, V. Q., Clenney, B. F., Taylor, G.S. 2009. “Management Research News”, Vol. 32, No.3, pp. 205-219.

Cox, S. J dan Cheyne, A. J. T. (2000). Assessing Safety Culture in Ofshore Environment. UK: Safety Science 34

Crow, M.S., Lee, C. dan Joo, J. 2012, "Organizational justice and organizational commitment among South Korean police officers: An investigation of job satisfaction as a mediator", Policing: An International Journal, Vol. 35 No. 2, Pp. 402-423.

Hair, J. F. Jr. R. E, Anderson, R. L. T dan Black, W.C . 2010. “Multivariate Data Analysis”, 7th Edition. New York: Prentice Hall International, Inc.

https://www. jobstreet.co. id. Diakses pada tanggal 10 Januari 2020 pukul 20.00 WIB

https://www.pewresearch.org. Diakses pada tanggal 10 Januari 2020 pukul 20.10 WIB

Sari, Evitamala. 2015. “Pengaruh Kepuasan Kerja, Komitmen dan

Promosi Jabatan Terhadap Turnover Intention pada Karyawan PT. Orindo Alam Ayu Cabang Pekanbaru”. JOM FEKON. Vol. 2 No. 1, Pp. 1-15.

Sun, T. 2011. “The impact of psychological capital on job embeddedness and job performance among nurse : A structural equation approach”. Journal of Advance Nursing, 61.

Tanova, C., dan Holtom, B. C. 2008. “Using job embeddedness factors to explain voluntary turnover in four European countries”, Vol. 19, No. 9, Pp. 1553–1568.

Wiratama, D.W, dan Suana I. W. 2015.” Pengaruh Keadilan Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Turnover Intention pada Karyawan The Jayakarta Bali”. E-Journal Manajemen Unud, Vol.4, No.11. Pp 3675-3702.

PlumX Metrics

Published

2021-02-12