Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Omzet Penjualan UMKM Kuliner Partner Gofood Di kota Solo

Authors

  • Suprihatmi Sri Wardiningsih

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v5i1.4923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jam kerja operasional, jumlah pesanan, biaya produksi, dan biaya promosi terhadap omzet penjualan pada mitra kuliner GoFood di Solo. Jenis penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah seluruh UMKM kuliner di kota Solo yang telah memanfaatkan aplikasi GoFood. Sampel menggunakan 100 orang pengusaha, diambil dengan teknik purposive sampling. Kriteria sampel adalah pengusaha yang memiliki izin usaha dan menempati tempat usaha tetap dan bukan PKL. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang dikumpulkan langsung dari responden melalui jawaban kuesioner. Uji persyaratan regresi dilakukan melalui uji Asumsi Klasik. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jam kerja operasional, jumlah pesanan, dan biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap omzet penjualan pada UMKM kuliner mitra GoFood di Solo sedangkan biaya promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap omzet penjualan. Kata kunci: jam kerja operasional, jumlah pesanan, biaya produksi, biaya promosi, omzet penjualan

Author Biography

Suprihatmi Sri Wardiningsih

Fakultas Ekonomi, Lektor Kepala

References

Firdausa, R.A. dan Arianti, F., 2013, “Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha dan Jam Kerja Terhadap

Pendapatan Pedagang Kios Di Pasar Bintoro Demak”, Diponegoro Journal Of Economics, Vol.

(1), Hal. 1-6.

Fitalokasari, M., 2017, “Pengaruh Curahan Jam Kerja, Jumlah Penumpang, Jumlah Tanggungan

Keluarga dan Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Supir Angkutan Umum di Kota Batu”,

Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 5 (1), Hal. 38–75.

Indraswari, A. dan Kusuma, H., 2018, “Analisa Pemanfaatan Aplikasi Go-Food Bagi Pendapatan

Pemilik Usaha Rumah Makan Di Kelurahan Sawojajar Kota Malang”, Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol

. 2 (1), Hal. 63–73.

Prapti, L. dan Rahoyo, 2018, “Dampak Bisnis Kuliner Melalui Gofood Bagi Pertumbuhan Ekonomi di

Kota Semarang”, Dinamika Sosial Budaya, Vol. 20 92), Hal. 120-133.

Suryadi, D.F., dan Ilyas, M.I.F., 2018, ”Adopsi Online Food Delivery Service Bagi Wirausaha Pemula di

Kota Makassar (Studi Kasus Pada Big Bananas)”, Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M)

, Hal. pp.75-80.

PlumX Metrics

Published

2021-02-12