Peran Media Digital dalam Peningkatan Daya Saing Global Produk Kakao

Authors

  • Halifa Haqqi Universitas Slamet Riyadi
  • Andika Drajat Murdani Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v5i1.4580

Abstract

Media digital membuka peluang bagi upaya peningkatan daya saing berbagai komoditas di tingkat global, termasuk produk kakao. Indonesia adalah negara produsen kakao terbesar ketiga di dunia. Meski demikian, daya saing produk ekspor kakao Indonesia masih rendah. Untuk itu, dibutuhkan sinergi dan kebijakan yang tepat untuk mendorong peningkatan daya saing global produk kakao, terutama dengan memanfaatkan media digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja peran yang dapat dimanfaatkan dari media digital dalam rangka meningkatkan daya saing global produk kakao. Metode penelitian yang digunakan berupa kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital dapat menjadi alat analisis daya saing untuk optimalisasi keunggulan komparatif dan kompetitif produk kakao, optimalisasi pemasaran dan analisis pasar pada industri kakao dari hulu ke hilir, serta optimalisasi e-commerce untuk mencapai market exposure, menurunkan operating cost, melebarkan global reach, meningkatkan customer loyalty dan supply management industry kakao.

Author Biographies

Halifa Haqqi, Universitas Slamet Riyadi

International Relation Departement

Andika Drajat Murdani, Universitas Slamet Riyadi

Hubungan Internasional

References

Euromonitor International. 2016. Global trends and developments in Cocoa ingredients (world). Retrieved from https://www.euromonitor.com/global-trends-and-developments-in-cocoa-ingredients-world/report

Gita, S. D., Putri, P., & Sukarsa, I. 2013. Pengaruh Harga Canang dan Pendapatan Konsumen Terhadap Permintaan Canang di Desa Sanur. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 2(3), 142-151.

Indonesia investment. 2020. Cocoa in Indonesia. Diakses dari https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/komoditas/kakao/item241?

Istiqomah, Syarifatul. 2015. Perilaku Ekonomi Kakao Indonesia. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Kaplan, & Haenheim, M. 2010. Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. The Business Horizons, 53, 59-68.

Kementan. 2020. Menggenjot Ekspor Kakao Indonesia di Uni Eropa. Jakarta: Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Khan, Abdul Gaffar. 2016. Electronic Commerce: A Study on Benefits and Challenges in an Emerging Economy. USA : Global Journal of Management and Business Research: B Economics and Commerce, Volume 16 Issue 1 Version 1.0

Kindangen, Henoch, Sri Hartoyo dan Lukman M Baga. 2017. Perkembangan Produktivitas, Luas Lahan, Harga Domestik, Permintaan Dan Ekspor Biji Kakao Indonesia Periode 1990-2013. Jurnal Manajemen & Agribisnis, Vol. 14 No. 2, Juli 2017.

Mangold, W., & Faulds, D. 2009. Social Media: The New Hybrid Element of the Promotion Mix. Business Horizons, 357-363.

Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. 2015. Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pasbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 1-9.

Nanehkaran, Yaser Ahangari. 2013. An Introduction to Electronic Commerce. Turkey : International Journal of Scientific & Technology Research Volume 2, Issue 4, April 2013. ISSN 2277-8616.

Ningsih, C. 2014. Sinergitas Industri kreatif Berbasis Pariwisata Dengan Strategi Pembangunan Industri Nasional Menuju Globalisasi. Jurnal Manajemen Resort & Leisure, 11(1), 59-64

Pohan, Syafruddin, Hazairin Pohan dan Indah Nuria Savitri. 2016. Digital Diplomacy-Maximizing Social Media in Indonesia’s Economic and Cultural Diplomacy. Journal of Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 81

Romdonny, Jefry, Maskarto Lucky dan Nara Rosmadi. 2018. Peran Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Organisasi Bisnis. Jurnal IKRAITH EKONOMIKA Vol 1 No 2 Bulan November 2018

Rosmadi, M. L. 2018. Faktor Turnover Intention Karyawan Pada organisasi Bisnis. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam (BISEI), 3(1), 34-40

Satya, Venti Eka. 2018. Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Pusat Penelitian Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik Badan Keahlian DPR RI. Vol. X, No. 09/I/Puslit/Mei/2018

Shofa, I., & Nugroho, D. 2018. Pertumbuhan dan Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kota Malang. Jurnal Pangripta, 1(1), 75- 85..

Slamet, Rachmat dkk. 2016. Strategi Pengembangan UKM Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia Vol.16 - No.2 April 2016

Sweeney, S. 2005. 101 Ways to Promote Your Website (5 ed.). Canada: Maximum Press.

PlumX Metrics

Published

2021-02-12