UJI MACAM PENYIRAMAN TERHADAP HASIL UWI ( Dioscorea allata )

Authors

  • Sri Hardiatmi Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Endang Sri Sudalmi Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3433

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam penyiraman terhadap hasil uwi Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap ( RAL ) dengan faktor tunggal yang terdiri dari tujuh perlakuan macam penyiraman ( P ), sebagai berikut :P0 = Penyiraman dengan air (kontrol), (2) P1= Penyiraman dengan leri 1 gelas, (3) P2 = Penyiraman dengan leri 2 gelas, (4) P3 = Penyiraman dengan leri 3 gelas, (5) P4 = Penyiraman dengan ekstrak teh 1 gelas, (6) P5 = Penyiraman dengan ekstrak teh 2 gelas,( 7) P6 = Penyiraman dengan ekstrak teh 3 gelas. Masing –masing perlakuan diulang 4 kali, sehingga keseluruhan ada 28 satuan perlakuan penelitian. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis ragam, dilanjutkan dengan uji ( BNJ ) pada taraf 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penyiraman tanaman uwi menggunakan leri dosis 3 gelas dapat meningkatkan secara nyata komponen hasil uwi yaitu jumlah umbi dan berat bulbil. (2) Penyiraman tanaman uwi menggunakan ekstrak teh dengan dosis 3 gelas dapat meningkatkan secara nyata komponen hasil uwi yaitu jumlah umbi, berat umbi, volume umbi, berat bulbil, dan volume bulbil. (3) Penyiraman tanaman uwi menggunakan ekstrak teh dengan dosis 3 gelas akan menghasilkan umbi terberat yaitu 1242,50g/tanaman.
Kata kunci : Air leri, Air ekstrak teh, Hasil umbi uwi

References

Anonim., 2015. UPGK Terus Lestarikan Uwi Tanaman Umbi Lokal Pengganti Pangan. www.news.com henk widi, Indobarat, M.E. Bidjodirajo Sumatra. Djakses pada : 9 Maret 2017.

Bahar, A.E., 2016. Pengaruh Pemberian Limbah Air Cucian Beras Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kangkung Darat. Riau : Fakultas Pertanian Universitas Pasip Pangaraian.

Ningrum., 2010. Pemanfaatan Ampas Tebu dan Ampas Teh Sebagai Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabe Ditinjau Dari Intennsitas Penyiraman Air Teh. Surakarta : UMS.

Pambudi, J., 2000. Potensi Teh Sebagai sumber Gizi dan Peranannya Dalam Kesehatan. Proseding Seminar Sehari Teh Untuk Kesehatan. Bandung : Pusat Penelitian Teh dan Kina Gambung.

Rubatzky dan Yanaguchi., 1998. Sayuran Duani 3 (tiga). Bandung : ITB.

Soegiman,1992.Ilmu Tanah. Terjemahan Bucman H.o and Brady. 1962. The Nature and Properties of Soil.Bratara Karya Aksara

Yuliana,2011. Potensi dan Prospek Pengembangan Uwi dalam Mendukung Ketahanan Pangan diNTT. Kupang : Fakultas PertanianNusa Cendana

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-01-14