PERSEPSI KINERJA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KOTA SALATIGA TAHUN 2019

Authors

  • Suwardi & Aris Tri Haryanto Dosen Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3428

Abstract

Penelitian ini menempatkan fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terdriri dari fungsi legislasi, pengawasan, anggaran dan hormonisasi dengan pemerintah daerah. Persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan keempat fungsi tersebut menentukan keberhasilan memenuhi harapan aspirasi tuntutan dan keinginan masyarakat. Survey melibatkan 512 responden terdistribusi di 128 titik lokasi survey. Margin error 5% tingkat signifikansi 95%. Perhitungan persepsi menggunakan pendekatan indek kepuasan masyakat (IKM). Hasil riset menyimpulkan bahwa skor rata – rata tertimbng kinerja DPRD Kota Salatiga 3,52. Nilai Konversi 88,0. Kateori “B” atau baik. Ada kecenderungan hubungan tidak berbanding lurus antara fungsi pengawasan dewan dengan fungsi harmonisasi dengan pemerintah daeran
Kata Kunci: DPRD Kota Salatiga, IKM, fungsi dewan

References

Boediono. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: Rineka Cipta

Budi Triyono dan Prakoso Bhairawa Putera. 2013. “Indeks Kepuasan Masyarakat Spesifik Lembaga Penelitian dan Pengembangan: Implementasi Model ACSI”, Jurnal Borneo Administrator, Vol.9 No.1. (Hal.53-74) P3IPT LIPI Jakarta

Bungin, HM Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana

Eriyanto, 1990 “Metode Polling” Bina Cipta - Yogjakarta

Dmhiri. 2014. “Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan Kantor Camat Kecamatan Sarolangun”, Jurnal Studi Manajemen, Vol.8 No.2. (Hal.132-144) Universitas Jambi

Denhardt, Janer V and Robert B Denhardt. 2003. The New Public Service: Serving Not Steering. Armonk, N.Y: M.E. Sharpe

Dwiyanto, Agus.(ed).2008. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Moenir, A.D. 2015. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Ndraha, Taliziduhu. 2003. Kybernology (Ilmu Pemerintahan Baru). Jakarta: Rineka Cipta

Patilima, Hamid. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat

Peraturan Daerah Kota Salatiga Nomer 8 Tahun 2018 tentang: Urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah Kota Salatiga

Rewansyah, Asmawi. 2012. Kepemimpinan dalam Pelayanan Publik. Jakarta: Rizky Grafis

Sinambela, Lijan Poltak. 2014. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Zauhar, Soesilo. 2001. Administrasi Pelayanan Publik: Sebuah Perbincangan Awal. Jurnal Ilmu Administrasi Publik Jurusan Ilmu Administrasi Publik FIA UB,vol 1, no 2 Maret

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Nomer 14 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-01-14