KAJIAN BERBAGAI DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN MACAM BIBIT TERHADAP KERUSAKAN UMBI OLEH HAMA BOLENG (Cylas formicarius) PADA TANAMAN UBI JALAR

Authors

  • Kharis Triyono Prodi Agroteknologi Fak.Pertanian Univ. Slamet Riyadi Surakarta
  • Sumarmi Sumarmi Prodi Agroteknologi Fak.Pertanian Univ. Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3412

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi pengaruh dosis pupuk kandang ayam dan macam bibit terhadap kerusakan umbi oleh hama boleng pada tanaman ubi jalar. Penelitian dilakukan di dusun Tegalrejo desa Kuto kecamatan Kerjo kab.Karanganyar mulai bulan Maret 2019 sampai denga bulan Juni 2019. Penelitian disusun menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) faktorial, terdiri dari dua faktor perlakuan yaitu macam bibit ( B1 bibit bagian pucuk 25 cm, B2 bibit bagian batang 25 cm) dan dosis pupuk kandang ayam (0, 11,25, 21,25, 31,25, 41,25 gr per tanaman ) masing - masing kombinasi perlakuan diulang tiga kali.. Parameter yang diamati adalah intensitas serangan hama, jumlah umbi sehat pertanaman,jumlah umbi boleng pertanaman , berat segar umbi pertanaman dan berat segar umbi boleng pertanaman. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dosis pupuk kandang ayam , perlakuan macam bibit dan interaksinya tidak memberikan pengaruh nyata pada semua parameter yang diamati.
Kata kunci : dosis, pupuk kandang ayam, macam bibit dan ubi jalar

References

Anonim (2017). Bagaimana

mengendalikan hama Boleng pada

Ubi Jalar. Badan Litbang

Pertanian.

http://www.litbang.pertanian.go.id/

berita/one/2783/

Guwet Hadiwjaya, W. 2009.

Karakteristik Ukuran Umbi dan

Bentuk Umbi Plasma Nutfah Ubi

Jalar. Balitan Plasma Nutfah

Vol.9. No.2. Bogor :Badan

Penelitian Bioteknologi dan

Sumber Daya Genetik.

Juanda, D.J.S. dan B. Cahyono. 2002. Ubi

jalar : Budidaya dan Analisis

Usaha Tani. Kanisius.

Lingga P, 1986.. Bertanam UbiUbian. PT

.Penebar Swadaya. Jakarta

Lingga, P. 1991. Jenis dan Kandungan

Hara pada Beberapa Kotoran

Ternak. Pusat Pelatihan Pertanian

dan Pedesaan Swadaya (P4S)

ANTANAN. Bogor (Tidak

dipublikasikan).

Makarim, A.K., Sumarno, dan Suyamto.

Jerami Padi:Pengelolaan

dan Pemanfaatan. Pusat

Penelitian dan Pengembangan

anaman Pangan Balai Penelitian

dan Pengembangan Pertanian.

Bogor. Pranata.2010. Kandungan Unsur Makro dan Mikro Dalam Kotoran Ayam serta Manfaat Kotoran Ayam Dalam Tanah. Pengembangan Pangan Alternative. Bandung.

Soemarno. 1981. Pengkajian singkat kesuburan ubi jalar. Malang : Departemen Ilmu Tanah. Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Sri Wahyuni Indiati dan Nasir Saleh1 Hama Boleng Pada Tanaman Ubijalar dan Pengendaliannya Diterbitkan di Buletin Palawija No. 19: 27–37 (2010). Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan & Umbi-umbian (Balitkabi). Jl Raya Kendalpayak, Malang, Jawa Timur. Telp. (0341) 801468; Fax. (0341) 801496.

Widodo. 2008. Kandungan Unsur Kotoran Ayam (online) http://www.Gagasanpertanian.com/Bundaberkebuin. Blogspot.com

Widowati, L.R., Sri Widati, U. Jaenudin, dan W. Hartatik. 2005. Pengaruh Kompos Pupuk Organik yang Diperkaya dengan Bahan Mineral dan Pupuk Hayati terhadap Sifat-sifat Tanah, Serapan Hara dan Produksi Sayuran Organik. Laporan Proyek Penelitian Program Pengembangan Agribisnis, Balai Penelitian Tanah, TA 2005 (Tidak dipublikasikan).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-01-11