Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional, Spiritual, Sosial dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi

Authors

  • Djoko Kristianto Fakultas Ekonomi, Universitas Slamet Riyadi
  • Suharno Suharno Fakultas Ekonomi, Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3410

Abstract

This study aims to analyze the influence of intellectual, emotional, spiritual, social and learning facilities on the level of accounting understanding. While respondents in this study were accounting students of the seventh semester of the Faculty of Economics at Slamet Riyadi University, total 84 students. The results of the study 1)) obtained the value of Sig (0.043) <0.05 means that emotional intelligence influences the understanding of accounting, 2) The calculation results obtained Sig (0.565)> 0.05 which means there is no influence of spiritual intelligence on the level of accounting understanding , 3) The calculation results obtained Sig (0.224)> 0.05 means there is no influence of social intelligence on the level of understanding of accounting and, 4) The calculation results obtained Sig (0.048) <0.05 this means there is an influence of learning facilities on level of understanding of accounting.
Keywords: Emotional Intelligence, Spiritual, Social and Accounting Understanding Level

References

Agustian, Ary Ginanjar. 2007. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual. Jakarta. ARGA Publishing.

Agung R, dan Latifatul Choir (2009). Teori Humanisme. Makalah. Universitas Negri Malang. Malang

Ariantini, Komang Nova, Edy Sujana, dan Nyoman Trisna Herawati. 2014. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Membaca Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderasi”.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Manajemen Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arnike Amisye Manansal. 2013. “Kecerdasan Emosi Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pengaruhnya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”. Jurnal EMBA. hlm. 901-910. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Artana, 1 Made Buda, 1 Nyoman Trisna Herawati, dan Ananta Wikrama Tungga Atmadja. 2014. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ), Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Dan Mahasiswa S1 Universitas Udayana Denpasar)”. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi S1. Volume: 2 No. 1. Universitas Pendidikan Ganesha. Bali

American Institute of Certified Public Accountants (AICPA). 2009. Trends in the Supply of Accounting Graduates and the Demand for Public Accounting Recruits. New York: AICPA.

Anonim. 2016. Pedoman Penyusunan Usulan Penelitian dan Skripsi Fakultas Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi. Surakarta.

Budhiyanto, S.J., Paskah. dan I. Nugroho, 2004, “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”. Jurnal EkonomiBisnis, Vol. X, No.2, Hal.260-281.

Carls, Warren, M James Reeve & Philips E Fess. 2005. Accounting. Salemba Empat; Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegroro. Semarang

Goleman, Daniel. 1999. Kecerdasan Emosional. Mengapa EQ lebih penting dari IQ. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Hasan, Iqbal. 1999. Pokok-Pokok Materi STATISTIKA 2 (Statistik Inferensif). Jakarta: Bumi Aksara.

Immanuela, Intan dan Putri Galih Widyawati. 2014. “Pegaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Budaya terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Moderasi (Study Empiris pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta Kota Madiun”. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi. Vol. 02, No. 01. Februari, hlm. 25-34. Universitas Katholik Widya Mandala. Madiun.

Julino, Sabto. 2013. “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura”. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura . Vol. 2, No. 2, Desember 2013.hal. 137 – 169. Universitas Tanjungpura.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Undang-Undang No 49 Tahun 2014 tentang Standard Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta Mustofa. 2007. “Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Vol. 4 (1). April. Hal. 76-88.

M Rudi Irwansyah.”Pengaruh Hasil Belajar Dasar-Dasar Akuntansi, Matematika Ekonomi dan Bisnis dan Minat Terhadap Pemahaman Akuntansi yang Dikategorikan Berdasarkan Gaya Belajar”. hlm. 58-72. Universitas Pendidikan Ganesha.

M Wimbo Wiyono. 2012.” Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”. Jurnal WIGA. Vol. 2 No 2. hlm. 72-89. STIE Widya Gama Lumajang

Mustofa. 2007. “Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Vol. 4 (1). April. Hal. 76-88.

Nasirwan, 2013, ”Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kreativitas Mahasiswa terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi di Kota Medan”, Jurnal Telaah Akuntansi Vol.16 No. 02, Oktober 2013. Hal 53 – 69. Medan.

Ni Putu Ria Arista Dewi dan Dewa Gede Wirama. 2016. “Kepercayaan Diri Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.16.1. hlm 615-644.

Nugraha, Aditya Prima. 2013. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Jember). Skripsi. Universitas Jember

Nyoman Suadnyana Pasek. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi”. Jurnal Ilmiah Akuntansi. Vol. 1, No. 1. Juni, hlm 62-76. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha. Bali.

Onah. 2015. “Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi UMRAH. Skripsi. Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Pemerintah Indonesia. 1987. Undang – Undang No 2 Tahun 1989, Pasal 16, Ayat (1) tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta

Pemerintah Indonesia. 1987. Undang – Undang No 2 Tahun 1989 Pasal 16, Ayat(1); PP 30 Tahun 1990, Pasal 2, Ayat (1) tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.

Pratiwi, Dianny. 2011. “Pengaruh Kemampuan Pemakai Teknologi Inormasi, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan”. Skripsi (Tidak diterbitkan). Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Jember.

Purwanto, Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rachmi, Filia. 2010. Pengaruh Kecerdasaan Emosional, Kecerdasaan Spiritual dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi.

(Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas di Ponegoro Semarang dan Universitas Gadja Mada Yogyakarta). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Rachmahana, Ratna Syifa’a. 2008. Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan

Rumini, S. dkk. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.. El-tarbawj jurnal pendidikan islam. No. 1. Vol. 1. Hlm 99-114.

Soemarso. 2002. “Akuntansi Statu Pengantar”, Buku 1. Edisi Lima. Jakarta:Salemba Empat.

Suprianto, Edy dan Septian Harryoga. 2015. “Faktor-Faktor Penentu Tingkat Pemahaman Akuntansi”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol XVIII No. 3. Desember, hlm 75-90. Universitas Islam Sultan Agung.

Supramono, Gatot. 2000. Hukum Acara Pengadilan anak, Djambatan, Jakarta.

Suryaningsum dkk, 2004. “Pengaruh Pendidikan Tinggi Akuntansi Terhadap Kecerdasan Emosional Mahasiswa”. SNA VII. Denpasar. Bali.

Setiawan dkk. 2015. “Pengaruh Kompotensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Kepribadian Dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Vol 1, No 1. Hlm 131-150. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung:Alfabeta.

_________2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sutrisno, Sugeng dan Linda Atik Rokhana. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNTAG Semarang)”. Media Ekonomi dan Manajemen. Vol. 31. No 1. Januari, hlm. 26-38. Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNTAG. Semarang

Suwardjono. 2004, Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi, www.suwardjono.com. Diakses pada tanggal 29 Desember 2017.

Wahyu, Atika Mutia. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Di Kota Padang)”.

Wahjudi, Eko dan Cornelia Kusuma Wardhani. “Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Pendidikan Akuntansi Unesa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi”. Volume 01 Nomor 01. Hlm 1-6. Fakultas Ekonomi Universitas Negri Surabaya.

Widatik, Catur. 2016. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial terhadap Pemahaman Akuntansi”. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi Vol. 12 No. 1. Maret, hlm: 17 – 26. Universitas Slamet Riyadi. Surakarta.

Zakiah, F. (2013). “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerrdasan Spiritual terhadap tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2009 di universitas Jember)”. Skripsi. Universitas Jember. Jember

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-01-11