IMPLEMENTASI KONSEP GREEN ACCOUNTING PADA SEKTOR AKOMODASI PERHOTELAN KOTA SURAKARTA

Authors

  • Siti Zulaikhah Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  • Endah Kristiani Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/rsfu.v4i1.3398

Abstract

Kegiatan operasional perusahaan yang mempunyai dampak pada lingkungan harus dibuat minimal dan pengelolaan pada biaya lingkungan perlu dikelola dengan baik. Implementasi “Green accounting” perlu di munculkan untuk sektor akomodasi perhotelan dalam mengurangi dampak lingkungan dan meminimalkan biaya lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengetahuan biaya lingkungan dan konsep green accounting pada sektor akomodasi perhotelan di kota Surakarta dan bagaimana menyikapi biaya lingkungan serta konsep green accounting tersebut. Manfaat penelitian adalah memberikan pemahaman tentang pengetahuan dan kepedulian biaya lingkungan serta green accounting perhotelan di kota Surakarta. Sampel penelitian adalah seluruh sektor akomodasi perhotelan di kota Surakarta yang mempunyai kriteria Hotel Berbintang. Analisa Data menggunakan Uji Kualitas Instrumen (Validitas dan Reabilitas), Analisis Deskripsi, dan Analisis Deskripsi Variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa para pelaku usaha sektor akomodasi perhotelan di kota Surakarta : (1) memiliki kepedulian lingkungan hidup dengan selalu membeli peralatan usaha yang ramah lingkungan, (2) mempunyai kesadaran biaya lingkungan dengan memahami bahwa biaya lingkungan merupakan tanggung jawab usaha, (3) mengetahui pengetahuan komponen-komponen biaya usaha perhotelan dan bagaimana membebankan biaya usaha dalam perhitungan harga jasa maupun perhitungan profit /keuntungan, (4) memiliki pengetahuan biaya lingkungan dan bagaimana membebankan biaya lingkungan dalam biaya usaha, serta (5) memliki gaya pengeluaran individu yang berhati-hati dalam mengeluarkan biaya. Hasil ini mempunyai kesesuaian dengan preferensi kepentingan dari responden yang memprioritaskan biaya rendah sebagai prioritas utama daripada limbah yang tidak mencemari lingkungan.
Kata Kunci : green accounting, biaya lingkungan

References

Amiruddin. 2012. Etika Lingkungan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Program Studi Ilmu Lingkungan. Universitas Sriwijaya Palembang.

Andriyanto,Muhammad R., Pengawasan Implementasi “Green Accounting” Berbasis University Social Responsibility (USR) Di Universitas Muhammadiyah Surakarta Serta Studi komparasi Universitas Lain Di Surakarta. Skripsi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aniela, Yoshi. 2012. Peran Akuntansi Lingkungan Dalam Meningkatkan Kinerja Lingkungan Dan Kinerja Keuangan Perusahaan. Berkala Ilmiah Mahasiswa Akuntansi – Vol 1, No. 1, Januari 2012.

Cohen, N., dan P. Robbins. 2011. Green Business: An A-to-Z Guide. Thousand Oaks. California: SAGE Publications Inc.

Hansen, Don R, & Maryanne M. Mowen, 2009, “Akuntansi Manajemen”, Terjemahan Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary, Salemba Empat. Jakarta

Idris. 2012. Akuntansi Lingkungan Sebagai Instrumen Pengungkapan Tanggung Jawab Perusahaan Terhadap Lingkungan Di Era Green Market. Universitas Negeri Padang/ idris_unp@yahoo.co.id

Musyarofah,Siti. 2013, Analisis Penerapan Green Accounting Di Kota Semarang, Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Susilo, Joko. 2008 . Green Accounting Di Daerah Istimewa Yogyakarta: Studi Kasus Antara Kabupaten Sleman Dan Kabupaten Bantul. Program D3 Ekonomi Universitas Islam Indonesia.JAAI 12 (2): 149 – 165.

Wahyudi, Adi. 2012. Akuntansi Biaya Lingkungan http://adi04wahyudi.wordpress.com/pendidikan/akuntansi-biayalingkungan/.

Yuliani, C. (2014). Kepedulian dan Pengetahuan Pelaku Bisnis Mengenai Konsep Green Accounting : Studi Kasus pada Laundry di Kota Salatig

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-01-11