ALGORITMA POLA BAHASA SUGESTIF BAGI PENGAJAR KETIKA MENGAJAR DI DALAM KELAS

Yudhistiro Pandu Widhoyoko & Arif Sutikno

Sari


Guru maupun Dosen diharuskan untuk dapat mangarahkan kegiatan belajar siswa dengan baik. Guru juga dituntut untuk mampu menyampaikan materi dengan baik. Untuk itu kemudian dalam penelitian ini diusulkan adanya algoritma Pola Bahasa Sugestif. Secara umum PBS ini berfungsi sebagai alat yang diapakai untuk mempengaruhi manusia mengunakan bahasa dan kaidah-kaidah tertentu. Dalam penelitian ini akan dijelaskan secara lebih lanjut apa itu PBS dan bagaimana penerapannya di dalam komunikasi pengajaran, dan juga akibat dari penggunaan PBS ini.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu pengajar di dalam kelas mengenai bagaimana cara menggunakan pola bahasa sugestif. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kualitatif. deskriptif yaitu mencari fakta hasil dengan interpretasi yang tepat untuk mencari solusi masalah interaksi yang tidak baik dalam kegiatan pengajaran antara pengajar and murid di dalam kelas.
Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan adalah Komunikasi dalam kelas antara dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar dan mengajar sangat mungkin dilakukan menggunakan Pola Bahasa Sugestif dengan emapt tahap yaitu, cipta suasana, menanyakan materi secara sugestif, pertanyaan pengarah dan praktek langsung. Pembelajaran menggunakan Edmodo efektif dalam meningkatkan antusiasme interaksi di dalam kelas antara dosen dan mahasiswa. Berdasarkan kesimpulan dalam penelitian ini, maka penulis mengajukan saran-saran sebagai berikut: Proses pembelajaran dengan menggunakan Pola Bahasa Sugestif akan optimal jika didukung sarana dan prasarana yang baik. Hendaknya dosen membiasakan diri di dalam kelas menggunakan Pola Bahasa Sugestif sehingga tercipta suasana interaksi yang nyaman dan materi dapat terserap dengan mudah. Perlunya dilakukan penelitian yang menyangkut variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi peningkatan belajar mahasiswa.
Kata-kata kunci: Pola Bahasa Sugestif, Algoritma, interaksi di dalam kelas.

Teks Lengkap:

PDF